Sentra Bawang Putih di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. 

Sentra Bawang Putih di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. 
Sentra Bawang Putih di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. 
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Bawang putih selalu ada di dapur ibu kalian yah atau sering di gunakan untuk memasak,dan bawang putih ini selalu di butuhkan ya diman pun dan kapan pun.

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang umum di gunakan dalam masakan Asia, termasuk Indonesia. 

Penggunaan bawang putih dalam masakan juga beragam, bisa untuk sup, tumisan, bumbu marinasi, maupun gorengan. 

Baca Juga:Terkenal dengan Slogan Serabi Hangat yeuh ! 5 Rekomendasi Kue Serabi Indonesia.Hangatkan Badan Kamu yang lagi capek dengan Wedang Jahe Merah !

Berikut ini ada beberapa fakta mengenai bawang putih yang menarik untuk diketahui. 

1. Tanaman bawang putih Bawang putih merupakan angota bawang-bawangan yang populer di dunia.

Melansir buku “Sehat Dengan Rempah dan Bumbu Dapur” (2016) oleh Made Astawan dari Kompas Penerbit Buku umbi bawang putih di kenal dengan nama Allium sativum yang artinya berbau tidak sedap dan di budidayakan. 

Umbi bawang putih terdiri dari siung-siung yang masih terbungkus kulit luar. Dalam satu umbi umumnya terdapat tiga sampai 12 siung yang bergerombol.

2. Jenis bawang putih   Ada berbagai macam bawang putih yang di budidayakan di dunia. Beberapa di antaranya yaitu bawang putih kating, tunggal, gajah, dan shin chung.

Masing-masing memiliki karekteristik rasa dan aroma yang berbeda. Jika di bandingkan dari keempatnya, bawang putih kating memiliki aroma yang cukup kuat, seperti di lansir dari Gardening Know How.

Dari segi bentuk, bawang putih tunggal berbeda dengan lainnya. Bawang putih ini hanya punya satu siung. Selain itu aromanya harum dan rasanya sedikit lebih pedas.  Penggunaan bawang putih tunggal biasanya untuk acar dan obat herbal. 

Baca Juga:Keren Kan Manpaat Kunyit bagi Kesehatan bisa Meredakan Rasa Gatal pada Kulit !Cari tahu yuk?? Perbedaan Magic Com dan Rice Cooker.

3. Asal bawang putih Dalam buku yang sama, Made Astawan menyebutkan bahwa bawang putih di duga berasal dari Tiongkok.

Kemudian menyebar ke daerah laut tengah dan beberapa negara di dunia.  Kendati demikian ada pula yang menyebut bahwa bawang putih juga berasal dari Asia Tengah.

Di luar daripada itu budidaya bawang putih telah di lakukan sejak abad ke-16. 

4. Bawang putih di Indonesia  Bawang putih masuk ke Indonesia sekitar abad ke-19. Mulanya tanaman ini di bawa oleh pedagang Tiongkok dan India. 

Di Indonesia ada beberapa tempat yang terkenal sebagai sentra bawang putih, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. 

Nah itu dia 4 fakta menarik mengenai bawang putih nya,selamat membaca semoga menambah wawasan kita.

0 Komentar