Vespa Tua Bakalan Semakin Keren Kalau Dirawat: Ikuti 5 Tips Merawat Vespa Tua Biar Tetap Kece

Vespa Tua Bakalan Semakin Keren Kalau Dirawat: Ikuti 5 Tips Merawat Vespa Tua Biar Tetap Kece
merawat Vespa tua: review.bukalapak.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Siapa yang tidak familiar dengan Vespa? Semua orang, baik tua maupun muda, pasti mengenalinya. Vespa tua atau klasik masih sangat di hormati di Indonesia, meskipun ada versi matik yang tersedia. Kita dapat membuktikan hal ini dengan setianya Vespa tua yang masih sering kita lihat di berbagai penjuru jalanan setiap hari.

Sejak awal kemunculannya, Vespa tidak di ragukan lagi memiliki kinerja mesin yang kuat dan spontan. Meskipun sudah di atur, Vespa lama masih di cari, terutama oleh pecinta motor klasik. Tapi jangan lupa bahwa mesinnya yang bandel harus di rawat dengan baik dan telaten, karena itulah yang membuat Vespa tua tetap kuat hingga saat ini.

Yuk, simak 5 tips and trick merawat Vespa tua berikut ini !

1. Gunakan bahan bakar berkualitas

Hal paling penting dalam merawat Vespa tua yang perlu di ketahui adalah kita harus menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu dengan kadar oktan tinggi agar sistem pembakaran pada mesin menjadi efesien ketika mesin di hidupkan. 

Baca Juga:Bikin Pakaian Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak: Simak 5 Tips Mencegah Pakaian Menyusut Ketika Dicuci, Praktikkan!Pantai Bisa Menjadi Lokasi Traveling yang Menyenangkan: Inilah 5 Tips Seru Traveling ke Pantai, Siapkan Sunscreen!

Tentunya hal tersebut juga sebagai solusi untuk mencegah tangki berkerak. Dalam menjalankan tips ini, pengguna Vespa tua di sarankan untuk menggunakan bakar RON 90 ke atas, maka hasil kinerja pun tidak terganggu.

2. Rutin mengganti oli

Sebagai pengguna motor, mungkin kita sering lalai dan tidak rutin mengganti oli. Namun untuk pengguna Vespa tua, jangan sampai kasus ini terjadi meski Vespa tidak di gunakan. Hal tersebut untuk melumasi mesinnya yang tua agar eksistensi dari performa mesin tetap terjaga. Jangan lupa, Minimal satu bulan sekali rutin mengganti oli. 

Oli yang di gunakan pun harus berkualitas untuk mengurangi endapan bahan aditif dari oli agar tidak meninggalkan kerak. Sebaiknya gunakan oli samping ternama, ya… meskipun harganya sedikit mahal asalkan berkualitas dan tidak merusak mesin motor justru lebih baik di gunakan.

3. Kontrol aki Vespa

Tips selanjutnya yang perlu di lakukan yaitu harus sering mengontrol kondisi aki Vespa. Komponen yang satu ini membutuhkan perawatan yang rutin sebab setiap kali mesin di hidupkan maka aki pun nantinya akan tersisi arus listrik.

Pada saat arus listrik masuk ke bagian aki maka secara otomatis bahwa elemen dalam aki akan mengalami reaksi. Dari reaksi yang dit imbulkan oleh aki ini nantinya bakal memicu perubahan suhu air aki memanas dan kemudian menguap. Dengan demikian maka pada kepala aki khususnya yang positif  akan terjadi penggumpalan yang biasanya akan berdampak buruk yakni terbentuknya karat.

Guna mencegah dampak yang tidak di inginkan tersebut maka di perlukan pembersihan rutin pada bagian kepala aki dengan menggunakan kuas yang telah di basahi dengan menggunakan air panas.

Sebaiknya juga melepas aki dari motor dan simpan dalam tempat yang bersih dan kering jika Vespa tidak ingin di gunakan dalam jangka waktu lama . Hal ini tentunya untuk meminimalisir pergerakan arus yang terjadi secara berkelanjutan dan aki tetap awet.

Baca Juga:Kamu Seringkali Menerima Kesempatan yang Luar Biasa: Kenalin 5 Zodiak yang Selalu Mendapat KeberuntunganBisa Menghemat Pengeluaran Juga: 5 Alasan Orang Lebih Suka Pakai Sabun Cair ketimbang Sabun Batang

4. Rutin periksa karburator

Karburator pada motor Vespa merupakan komponen yang cukup sering bermasalah, khususnya pada beberapa motor Vespa tua. Biasanya masalah pada karburator di picu oleh penyumbatan. Dampak negatif dari masalah ini bisa menyebabkan akselerasi Vespa Anda menjadi tidak sempurna.

Nah, untuk mencegah sekaligus membersihkannya, cucilah bagian-bagian karburator dengan menggunakan bensin dan tiup saluran-saluran bensin dan udara. Tips ini di harapkan bisa membersihkan secara maksimal setiap sela pada karburator.

5. Lakukan perawatan bodi Vespa

Tampilan eksterior Vespa tua juga sangat di utamakan oleh para penggunanya, agar tidak kalah kinclong  dengan motor keluaran terbaru. 

Salah satu caranya yaitu, rajin membersihkan dengan cara di cuci atau lap Vespa  dari kotoran yang menempel, terutama ketika terkena lumpur atau sehabis di guyur hujan. Karena pasalnya, bodi Vespa tua itu terbuat dari besi yang artinya sangat rentan terhadap korosi atau karat.

Cara berikutnya untuk mengindari karat pada bodi adalah dengan membeli selubung motor. Jadi, Vespa bisa di tutup saat tidak di gunakan sehingga terjaga dari suhu ataupun debu menempel yang bisa menyebabkan timbul bercak karat maka Vespa tua tetap kece saat berkeliaran di jalan.

Nah, itu dia tips and trik merawat Vespa tua yang harus selalu di lakukan agar Vespa tua terus eksis di jalanan, salam satu aspal!

0 Komentar