Ganjar Tanya Soal IKN, Anies: Kalau Ada Masalah Jangan Ditinggalkan, Selesaikan Sampai Tuntas

Anies Baswedan Bersalaman Dengan Ganjar Pranowo Usai Debat Capres
Anies Baswedan/Istimewa
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Debat Capres Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan merespons pertanyaan Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo perihal pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Anies menyebut, berbagai permasalahan yang ada di Jakarta harus diselesaikan bukan justru ditinggalkan.

“Kalau ada masalah jangan ditinggalkan, akan tetapi di selesaikan. Jadi ketika di Jakarta menghadapi masalah, misalnya masalah lingkungan hidup, masalah lalu lintas, kepadatan penduduk mesti di selesaikan,” jawab Anies dalam debat pertama Capres Pemilu 2024, Selasa (12/12).

Baca Juga:Anies Baswedan ke Prabowo: Kekuasaan Bukan Hanya Sekedar Bisnis, Uang, Tapi Kedaulatan RakyatNokia Terbaru RAM 8 Sinyal 5G dan Teknologi Canggih

Anies, Masalah Jangan Di tinggalkan

Ia mengatakan, dengan meninggalkan semua masalah yang ada di Jakarta, tak serta merta menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Justru ini yang harus di bereskan. Itu filosofi nomor satu,” tegasnya.

Menurutnya, berbicara mengenai permasalahan kemacetan di Jakarta, kontribusi aparatur sipil negara (ASN) di dalam kemacetan hanya 4 persen sampai 7 persen.

“Jadi tidak akan mengurangi kemacetan di sini (Jakarta),” jelasnya.

Lanjutnya perihal lingkungan hidup. Anies mengatakan, apabila yang pindah pusat pemerintahan, sementara pusat bisnis dan keluarga masih tetap di Jakarta, di nilai masih tetap akan ada masalah.

Karena itu, Anies berpandangan masalah yang di Jakarta harus di selesaikan dengan membangun transportasi umum berbasis elektrik dan menambah taman yang di bangun.

“Dan itu semua di kerjakan untuk membuat Jakarta menjadi kota yang nyaman, aman, kota yang membuat masyarakat bisa hidup dengan sehat,” jelasnya.

Kemudian menyoal dengan IKN. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, hingga kini masih ada permasalahan mendesak di depan mata.

Baca Juga:Smart TV 32 Inch Terbaik dan TermurahUpaakasa Glamping Jogja Jadi Destinasi Wisata Favorit Bermalam, Harga Murah, Fasilitas Bagus, Suasana Gunung Merapi

Di Kalimantan sendiri kebutuhan untuk membangun sekolah yang rusak sangat banyak.

Selain itu, membangun transportasi masal seperti kereta api atau jalur tol antar kota di Kalimantan itu urgen.

“Yang merasakan dari uang itu siapa, rakyat. Sementara yang kita kerjakan hanya membangun tempat untuk aparatur sipil negara bekerja, bukan untuk rakyat dan bukan pusat perekonomian,” paparnya.

Lantas Ganjar pun menanggapi jawaban-jawaban Anies dengan pertanyaan perihal pembangunan IKN.

“Apakah boleh saya simpulkan kalau begitu mas Anies dalam posisi yang oposisi terhadap beberapa kebijakan, termasuk IKN, menolak IKN di lanjutkan?,” tanya Ganjar.

“Inilah salah satu contoh produk hukum yang tidak melewati proses dialog publik yang lengkap, sehingga dialognya sesudah jadi undang-undang,” jawab Anies.

0 Komentar