Alami Gatal Hingga Muntah Setelah Minum Susu? Mungkin Kamu Alergi Susu, Ini Penyebab Mengapa Kamu Mengalami Alergi

Alami Gatal Hingga Muntah Setelah Minum Susu? Mungkin Kamu Alergi Susu, Ini Penyebab Mengapa Kamu Mengalami Alergi
Penyebab Alergi Susu (Disway Jateng)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Susu merupakan salah satu minuman yang dapat di konsumsi dari usia muda hingga tua. Kandungan protein dan lainnya yang terkandung di dalamnya, dapat menjadi salah satu sumber nutrisi bagi tubuh. Namun tidak semua orang dapat mengonsumsinya lantaran ada beberapa yang mengalami alergi pasca meminum susu. Lantas, apa penyebab alergi susu?

Apa Itu Alergi Susu?

Alergi susu merupakan kondisi yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh merespon negatif pada protein yang terkandung dalam susu sapi. Peran sistem imun dalam tubuh, justru akan mengindentifikasi protein pada susu menjadi sebuah ancaman bagi tubuh.

Jika hal ini terjadi, maka reaksi antibodi dengan gejala yang beragam dapat muncul. Misalnya gatal, kemerahan, bengkak, muntah dan lain-lain. Maka, penting untuk setiap orang, mengetahui potensi alergi pada tubuh masing-masing dan berhati-hati dalam mengonsumsi suatu makanan atau minuman.

Baca Juga:5 Alternatif Pengganti Susu Sapi Bagi yang Alergi Maupun yang Ingin DietCatat Nih! Ternyata Ini Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Bersama Susu, Sebaiknya Hindari Agar Perut Tak Bermasalah

Bukan Hanya Susu Sapi Saja, Tapi Juga Olahannya Berpotensi Alergi

Berdasarkan info yang di dapatkan, penyebab seseorang alergi susu yakni protein dalam susu. Protein susu yang paling umum menyebabkan alergi pada susu sapi yakni kasein dan whey. Namun hal ini berbeda dengan intoleransi laktosa.

Kondisi alergi terjadi karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh, sedangkan intoleransi laktosa terjadi karena tubuh belum mampu menerima zat tertentu. Intoleransi laktosa juga tidak ada hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh dari seseorang.

Untuk itu, bagi yang mengalami alergi susu, sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya. Perlu diketahui, bukan hanya minuman susu saja, tapi juga berbagai olahan dari susu seperti yoghurt, kue, es krim dan makanan juga minuman lainnya pun sebaiknya di hindari.

Cara Mengatasi

Jika telah muncul berbagai tanda, maka bisa mengunjungi dokter untuk di lakukan pemeriksaan. Jika kondisi tubuh sudah dipastikan karena alergi terhadap susu sapi, maka ada alternatif pilihan selain susu sapi yang dapat di konsumsi. Misalnya susu almond, susu mete, susu kedelai dan lain-lain.

0 Komentar