Kenali 5 Jenis Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan Tubuh – Yuk, Coba Hidup Sehat di Akhir Tahun ini

doktersehat.com
doktersehat.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Untuk bisa menggoreng masakan kamu, tentu harus menyiapkan minyak goreng. Namun, tekadang kita juga khawatir karena harus bia memilih minyak orang yang baik untuk kesehatan. Tetapi kamu jangan khawatir, karena ada jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan.

Minyak goreng sehat ini merupakan minyak yang memiliki asam lemak tidak jenuh yang tinggi. Ternyata jenis asam lemak ini dapat membantu kamu menurunkan risiko penyakit jantung. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan.

Jenis Minyak Goreng yang Sehat

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini mengandung asam lemak tunggal yang tinggi, bahkan sebanyak 75% dari volumenya. Asam lemak tidak jenuh yang ada pada minyak goreng sehat ini, yaitu asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat. Kandungan asam lemak pada minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga:Lakukan Hal ini Sebelum Solo Traveling! Ini Dia 5 Tips Solo Traveling Biar Kamu Enggak Nyasar dan BingungTampilan Lebih Kecil dan Mungil, Cek Spesifikasi dan Harga Honda Giorno 2022 – Kamu Pasti Kepincut dengan Gaya Retro

Selain itu, minyak zaitun pun mengandung vitamin E dan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan. Minyak sehat ini juga membantu melawan paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit, seperti pikun hingga kanker.

2. Minyak Biji Bunga Matahari

Ternyata minyak biji bunga matahari juga merupakan minyak goreng sehat karena banyak mengandung 85% asam lemak oleat dan linoleat yang baik untuk kesehatan jantung. Minyak ini pun memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, seperti vitamin E, karotenoid, dan fenol.

Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk metode menggoreng deep frying. Minyak biji bunga matahari ini bisa tahan dengan api panas sehingga tidak mudah berasap.

3. Minyak Jagung

Berikutnya ada minyak jagung yang menjadi jenis minyak goreng sehat karena memiliki kadar asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi, yakni asam linoleat sebanyak 59 persen. Minyak jagung juga mengandung vitamin E yang menjaga minyak tidak mudah rusak.

4. Minyak Kanola

Minyak kanola ini kaya akan asam oleat, asam linoleat, dan vitamin E. Tidak hanya itu saja, minyak kanola juga mengandung dan plants sterol. Bahkan minyak ini memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yakni 127 mikrogram di dalam 100 ml. Adanya vitamin ini sangat penting untuk mencegah perdarahan dan menjaga jaringan tulang.

5. Minyak Kedelai

Pilihan minyak goreng sehat berikutnya minyak kedelai yang kaya akan asam lemak linoleat dan linolenat. Minyak ini pun memiliki vitamin K yang paling tinggi di bandingkan dengan minyak lainnya, yaitu sebanyak 193 mikrogram di dalam 100 ml. Kandungan asam lemak jenuh pada minyak kedelai ini bersifat netral pada kesehatan jantung

***

0 Komentar