Selain Tahu, Ada Juga Oleh-oleh Lainnya dari Sumedang yang Tak Kalah Enak! Bisa Menjadi Bawaan untuk Kerabat dan Keluarga

Selain Tahu, Ada Juga Oleh-oleh Lainnya dari Sumedang yang Tak Kalah Enak! Bisa Menjadi Bawaan untuk Kerabat dan Keluarga
Oleh-oleh Sumedang (Alodokter)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat berkunjung ke suatu daerah, maka tak afdol jika tak membawa buah tangan. Begitupun ketika berkunjung ke Sumedang, maka jangan lewatkan untuk membawa buah tangan atau oleh-oleh.

Sumedang terkenal dengan tahunya sehingga identik menjadi buah tangan yang khas. Rasanya yang gurih dengan balutan warna cokelat yang terlihat dari luar, memberikan cita rasa yang luar biasa. Apalagi jika di nikmati selagi hangat, maka cita rasa nikmatnya akan bertambah.

Kuliner ikonik dari kabupaten Sumedang ini, biasanya akan di kemas dengan sebuah wadah berbentuk keranjang. Wadah ini konon bernama bongsang, terbuat dari anyaman bambu dengan ukurannya yang kecil untuk mengemas tahu Sumedang bersama cabe rawit hijau.

Baca Juga:Wisata Kampoeng Ciherang Sumedang, Jadi Pilihan Destinasi dengan Keindahan Alam yang Indah dan Wahana yang BervariasiSIMPATI : Aplikasi Pencegahan Stunting Hasil Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Telkomsel

Namun jika ingin buah tangan yang lebih bervariasi, kamu bisa membawa jenis makanan lainnya dari Sumedang selain tahu. Apa saja makanan tersebut? Simak infonya hingga akhir.

Oleh-oleh Sumedang

Ubi Cilembu – Berbeda dengan ubi lainnya, ubi cilembu memiliki rasa yang khas ketika dipanggang. Ubi cilembu akan mengeluarkan cairan kecoklatan yang mirip seperti madu dengan teksturnya yang lembut. Makanan ini cocok menjadi camilan atau sarapan sambil ditemani dengan teh panas dengan rasa pahit.

Peuyeum Gantung – Makanan ini merupakan hasil fermentasi dari singkong yang di jajakan dengan cara di gantung menggunakan tali rafia. Peuyeum gantung merupakan salah satu makanan yang awet sehingga cocok untuk menjadi oleh-oleh. Jika menginginkannya, makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di tepian jalan Raya Bandung-Cirebon.

Salak Bongkok – Buah salak bongkok konon merupakan jenis buah yang berasal dari Desa Bongkok, Paseh, Sumedang. Memiliki daging buah yang tebal dan rasa yang manis, hal itulah yang membedakannya dengan jenis salak lainnya.

Sawo Sukatali – Selanjutnya ada sawo sukatali yang juga merupakan oleh-oleh dari Sumedang. Rasanya mudah di kenali karena tampak keras namun empuk saat dimakan. Selain itu kandungan airnya dan takaran rasa manis yang di miliki juga pas. Konon, buah ini telah menjadi jenis buah yang telah di wariskan secara turun temurun dari bebuyutnya.

0 Komentar