SIMPATI : Aplikasi Pencegahan Stunting Hasil Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Telkomsel

SIMPATI : Aplikasi Pencegahan Stunting Hasil Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Telkomsel
Aplikasi SIMPATI Sumedang (Google Play)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – SIMPATI merupakan program Sumedang Digital Region hasil kerjasama Pemerintah Kab. Sumedang dengan Telkomsel. SIMPATI memiliki kepanjangan Sistem Pencegahan Stunting, menjadi katalisator yang berupaya untuk mencegah stunting.

Melansir dari laman simpati.app, aplikasi untuk pencegahan stunting di Kab. Sumedang ini berbentuk aplikasi Android. Selain dalam bentuk aplikasi Android, terdapat dalam bentuk aplikasi web dan messaging/conversational. yang bisa di pakai oleh berbagai pihak.

Pemakai aplikasi ini, diperuntukkan bagi kader posyandu dalam melakukan berbagai pencatatan data berupa pemeriksaan berat badan dan tinggi anak. Kemudian bisa di gunakan untuk pimpinan daerah, puskesmas, desa dan dinas terkait lainnya dalam mendapatkan laporan terkait stunting.

Baca Juga:Remote Panasonic Smart TV : Pengendalian Jarak Jauh untuk Memudahkan Pengoperasian TelevisiReferensi Smart TV 32 Inch Harga 1 Sampai 2 Jutaan, Cocok untuk Jadi Pemanis Ruang Tidur Maupun Ruang Keluargamu

Hingga masyarakat umum atau orang tua yang bisa memanfaatkan aplikasi ini agar mengetahui perkembangan anak. Dengan begitu, orang tua dapat melakukan pengecekan status gizi pada anak masing-masing.

Aplikasi SIMPATI : Inovasi Layanan Publik Pemkab Sumedang

Aplikasi SIMPATI atau Sistem Infromasi Pencegahan Stunting Terintegrasi (e-Simpati), merupakan layanan publik untuk mendata hingga memonitoring perkembangan anak. Hal ini di lakukan agar pencegahan stunting dapat di lakukan dan dipelajari dengan mudah melalui aplikasi.

Aplikasi ini kabarnya masuk TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2023 dari KemenPAN RB, seperti yang di lansir dari laman simpati.app. Penghargaan pun diserahkan langsung Menpan RB Azwar Anas Kepada Pj.Bupati Sumedang Herman Suryatman dan disaksikan Mendagri Tito Kanavian.

Penyerahan penghargaan berlangsung pada hari Selasa, tanggal 21 November 2023 yang bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta. Penghargaan tersebut bukan hanya karya Pemkab Sumedang tapi kontribusi semua pihak termasuk kontribusi para kader Posyandu di 1.700 posyandu, suport perangkat desa, kecamatan.

Aplikasi SIMPATI yang merupakan program Sumedang Digital Region hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Telkomsel, bisa di unduh melalui Google Play. Dengan begitu, pengontrolan stunting dapat di lakukan dengan praktis hanya dengan menggunakan aplikasi.

0 Komentar