Gelombang Dua Arus Mudik Tahun Baru

0 Komentar

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Aan Suhanan memprediksi tanggal 30 Desember terjadi gelombang kedua arus mudik libur tahun baru 2024. Menghadapi kepadatan kendaraan di ruas tol, kepolisian berencana menerapkan sistem contra flow dengan membatasi maksimal tiga lajur di ruas tol japek yang sedianya digelar hari ini.

Korlantas Polri telah melakukan persiapan khusus, menghadapi gelombang kedua arus mudik libur tahun baru 2024, tanda diprediksikan terjadi 30 Desember mendatang. Untuk mengatasi situasi ini, khususnya di jalur Jakarta Cikampek (Japek) km 36, 47 dan 72 akan diterapkan sistem contra flow dengan membatasi maksimal tiga lajur di ruas tol Jakarta Cikampek Japek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Aan Suhanan mengatakan, penerapan itu untuk menghindari kelebihan kapasitas, terutama di jalur Cipali yang hanya memiliki enam lajur hingga km 87, dengan hanya empat lajur di Japek. Upaya ini akan disesuaikan dengan data traffic counting setiap jamnya.

Baca Juga:Ratna Juwita Sari Artis Pertama Yang Populerkan Lagu Kota CirebonOmbah Farm, Tempat Pengolahan Sampah Sisa Makanan

Pihaknya akan melakukan intervensi jika angka-angka mendekati level kuning atau mencapai status merah. Selain itu, Aan menambahkan, langkah-langkah antisipatif ini diharapkan dapat meminimalkan kemacetan dan memastikan kelancaran arus mudik pada tanggal tersebut. Sebelumnya, Kakorlantas resmi menunda rekayasa pemberlakuan sistem one way untuk mencegah terjadinya kepadatan di momen arus balik libur Natal 2023. Hasil peninjauan menunjukkan bahwa perkiraan puncak arus balik libur Natal hari ini masih relatif rendah

0 Komentar