Ombah Farm, Tempat Pengolahan Sampah Sisa Makanan

0 Komentar

Pengolahan sampah rumah tangga yang masih belum terselesaikan dengan baik, masih terjadi sampai saat ini. Namun, di Ombah Farm, bisa merubah sampah sisa makanan menjadi pupuk, pakan ternak serta pakan ikan. Dengan menggunakan agen pengurai maggot, pupuk serta pakan ternak menjadi lebih berkualitas, berikut informasi selengkapnya untuk anda.

Pengolahan sampah rumah tangga masih menjadi permasalahan, karena jumlahnya yang cukup banyak setiap harinya. Namun di tangan Riski, ia mendirikan Ombah Farm, sebuah tempat yang mengelola sampah rumah tangga atau sisa makanan menggunakan agen pengurai maggot, menjadi pakan ternak, pakan ikan, serta pupuk. Maggot itu sendiri berasal dari lalat black soldier fly yang sudah dewasa lalu bertelur, setelah telur lalat menetas, lalu membentuk maggot.

Ombah Farm yang berlokasi di Kelurahan Tukmudal Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon ini, baru berjalan kurang dari satu tahun, semakin hari semakin berkembang. Ombah Farm pun giat mensosialisasikan pemanfaatan dari sampah sisa makanan kepada masyarakat sekitar, serta sejumlah rumah makan yang sudah bekerja sama dengan Ombah Farm. Dari kerjasama tersebut, mereka memberikan sampah sisa makanan dengan jumlah besar dan mendapatkan reward dari Ombah Farm.

Baca Juga:Tiga Desa Diterjang Puting BeliungBantuan Tambahan Dana Desa Karanganyar

Sampah sisa makanan yang diolah dengan agen pengurai maggot ini, menghasilkan pupuk yang bisa membuat tamanan menjadi lebih hijau, daunnya tidak cepat kering, serta batang tanaman yang kuat. Sementara maggot yang menjadi pakan alternatif hewan ternak, memiliki protein yang tinggi sehingga membuat daging hewan ternak lebih banyak, lalu untuk pakan ikan, membuat ukuran ikan lebih besar dan berdaging.

Selain menerima sampah sisa makanan dari masyarakat serta rumah makan, Ombah Farm pun menjual maggot basah serta kering, maggot kering dibandrol dengan harga tujuh ribu rupiah per 30 gram. Selain itu, ia pun membuka pelatihan bagi masyarakat atau kelompok yang ingin mengolah sampah dengan agen pengurai maggot

0 Komentar