Tak Banyak Tahu, Inilah Manfaat Air Rebusan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

sumber:merdeka.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Tak banyak yang tahu, manfaat air rebusan daun jambu biji berguna untuk kesehatan. Pada umumnya daun jambu biji di gunakan sebagai teh herbal dan suplemen yang mengandung antiinfeksi dan antibakteri.

Perlu di ketahui bahwa pada saat daun jambu biji diolah menjadi teh juga akan mengandung vitamin C dan flavanoid seperti quercetin yang penting bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan tersebut daun jambu biji bisa di jadikan obat pereda nyeri.Oleh karena itu, penting untuk mengetahui manfaat air rebusan daun jambu biji.

1. Cegah Diare

Manfaat air rebusan daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah diare hingga baik untuk mendukung kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan bahwa daun jambu biji bisa mengurangi intensitas dan durasi diare.

Baca Juga:Spesifikasi Smart TV LG 42 Inch Fitur dan HargaKemacetan Tol Cikampek Arah Jakarta Kendaraan Terus Meningkat, Rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow pun diberlakukan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Ini berarti dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus kamu yang dapat menyebabkan diare.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat air rebusan daun jambu biji untuk kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan oleh radikal bebas.

Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga di anggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung. Selain itu, ekstrak daun jambu biji pun di kaitkan dengan tekanan darah rendah, penurunan kolesterol jahat, dan peningkatan kolesterol baik.

Sebuah studi yang di lakukan pada 120 orang menemukan, mengonsumsi satu buah jambu biji matang sebelum makan menyebabkan penurunan keseluruhan tekanan darah sebesar 8-9 poin, penurunan total kolesterol sebesar 9,9%, dan peningkatan kolesterol baik sebesar 8%.

3. Meringankan Gejala Nyeri Haid

Manfaat air rebusan daun jambu biji lainnya adalah meringankan gejala nyeri haid. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa banyak wanita mengalami dismenore, yaitu gejala nyeri haid, seperti kram perut. Namun, ada beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram saat haid.

Sebuah studi pada 197 wanita yang mengalami gejala menyakitkan itu menemukan, mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari menghasilkan penurunan intensitas nyeri. Ekstrak daun jambu biji juga di anggap membantu meringankan kram rahim atau kram perut.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat air rebusan daun jambu biji terbukti memiliki efek antikanker. Penelitian menunjukkan, air rebusan daun jambu biji dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Ini kemungkinan di sebabkan oleh tingginya tingkat antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas dari merusak sel, salah satu penyebab utama kanker.

Baca Juga:Liburan Nataru, Tingkat Kepadatan Ribuan Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Menuju MerakSeputar Objek Wisata Air Panas Drajat Garut: Tiket Masuk Hingga Daya Tarik

Satu studi lain menemukan, minyak daun jambu biji empat kali lebih efektif untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker di bandingkan obat kanker tertentu. Meskipun hasil percobaan itu menjanjikan, tetapi tidak berarti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu sepenuhnya mengobati kanker pada manusia.

0 Komentar