Punya Atap Seperti Tanduk Kerbau: Yuk Kenalan dengan Rumah Adat Sumatera Barat, Ini Jenis dan Keunikannya

rumah adat sumatera barat: id.wikipedia.org
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Setiap daerah di Indonesia, termasuk Sumatera Barat, memiliki tradisi dan budaya yang unik. Rumah adat provinsi ini paling menonjol, terutama dengan atapnya yang melengkung seperti tanduk kerbau.

Namun, kamu tahu gak sih, bila rumah adat Sumatera Barat memiliki beberapa jenis serta keunikan tersendiri? Nah, bila tertarik dengan informasinya, simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Jenis rumah adat Sumatera Barat

Bukan hanya Rumah Gadang, faktanya, Sumbar juga memiliki jenis-jenis rumah adat lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gonjong Ampek Baanjuang

Baca Juga:Kehilangan Barang Bisa Berujung Kesedihan Saat Liburan, lho: Tips Menjaga Barang Bawaan Tetap Aman Saat Berlibur di WaterparkYuk, Besti Ke Sini Biar Pikiran Jadi Lebih Fresh! Tempat Glamping Sukabumi dengan Fasilitas ala Hotel Bintang 5

Seperti namanya, Gonjong Ampek Baanjuang terdiri atas empat buat gojong pada bagian atapnya. Rumah adat Sumbar ini pun mempunyai tujuh ruang dan dua anjungan pada sisi kanan dan kiri.

2. Rumah Gadang Gajah Maharam

Rumah Gadang Gajah Maharam merupakan salah satu rumah adat sumbar yang megah dan tahan gempa. Sebab, terdapat 30 tiang penyangga pada bangunan ini. Bagian rumahnya terbuat dari kayu pilihan dan beratapkan seng. 

3. Gonjong Anam

Sekilas, Rumah Gonjong Anam mirip dengan Rumah Gadang Gajah Maharam. Perbedaanya, terletak pada ukiran pada bangunannya. Selain itu, rumah ini juga tampak lebih modern dan di lengkapi banyak jendela.

4. Gonjong Sibak Baju Nama

Di namai Gonjong Sibak Baju Nama, sebab, tampilan rumah adat ini menyerupai baju yang tersibak. Meski begitu, sepintas, rumah adat ini mirip dengan bangunan Rumah Gadang Gajah Maharam.

5. Rumah Gadang Gonjong Limo

Tampilan Rumah Gadang Gonjong Limo, sepintas juga mirip Rumah Gadang Gajah Maharam. Bedanya, rumah adat ini tak mempunyai anjung pada komponen bangunannya.

6. Rumah Gadang Surambi Papek

Nama Rumah Gadang Surambi Papek berasal dari penyebutan papek atau bapamokok. Ini merupakan sebutan dari pintu masuk dari belakang rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, Rumah Gadang Surambi Papek akhirnya memiliki pintu pada bagian depan.

7. Rumah Gadang Batingkek

Komponen gonjong bertingkah merupakan ciri kas Rumah Gadang Batingkek. Meski bentuknya mirip dengan Rumah Gadang Gajah Maharam, tetapi rumah adat ini lebih mudah di kenali pada bagian gonjongnya.

Baca Juga:Cocok Banget untuk Bersantai Nih: Wisata Pantai di Palembang, Pemandangannya MemukauCocok untuk Rekreasi Bareng Keluarga: 5 Kolam Renang Terdekat di Kota Padang Sumatera Barat

2. Keunikan rumah adat Sumatera Barat

Sudah tahu, kan bila rumah adat sumbar sangat bervariasi. Selain itu, rumah adat ini juga memiliki banyak keunikan, berikut infonya:

  • Bentuk atapnya menyerupai tanduk kerbau
  • Banyaknya jumlah tiang penyangga pada bangunannya
  • Bagian kayunya tahan rayap
  • Proses pembangunannya gak menggunakan paku
  • Rumah adat Sumatera Barat di percaya tahan gempa

Itulah ulasan seputar rumah adat Sumatera Barat yang menarik untuk di ketahui.

0 Komentar