Penataan Ruang yang Tepat akan Memberikan Kesan Kenyamanan: Ikuti Tips Penting saat Menata Ruangan agar Terlihat Estetik

menata ruangan agar terlihat estetik: rekakayu.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kebanyakan orang masih bingung dan tidak tahu dari mana harus memulai menata ruang mereka sendiri. Mungkin dinding yang harus di cat ulang atau furnitur yang ada harus di ganti karena sudah ketinggalan zaman.

Pemilik rumah kadang-kadang merasa suasana ruang yang mereka buat tidak sesuai dengan harapan. Ini menyebabkan besitan. Kamu tidak perlu khawatir dengan perencanaan yang matang, peristiwa itu tidak akan terulang lagi.

Supaya tidak salah langkah lagi, berikut ini empat hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menata ruangan agar terlihat estetik. Bikin betah menghabiskan waktu seharian di sana, lho!

Baca Juga:Bisa Buat kamu Capek Hati, Pikiran, dan juga Mental: Inilah 5 Tanda Kamu Berada di Lingkungan Toxic, Begini Cara Menghadapinya!Harus Santai dan Fleksibel: 5 Tips Traveling Bersama Orangtua yang Rentan Kelelahan

1. Cari tahu fungsi ruang

Analisis aktivitas utama di suatu ruang akan membantu kamu menentukan fungsinya. Ruang keluarga juga di gunakan untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga.

Namun, terkadang karena keterbatasan lahan yang ada, sebuah ruangan malah di gunakan untuk berbagai tujuan. Fungsi ruangan yang tidak jelas seperti ini tentu akan mempersulit penataan ruang.

Supaya proses penataan ruang dapat di lakukan dengan maksimal, maka putuskan fungsi utama ruang terlebih dahulu sebelum mulai menatanya. Kamu bakal lebih mudah menatanya nanti!

2. Bangun suasana ruangan

Keindahan sebuah rumah tidak terbatas pada tampilan luarnya; sebenarnya, penataan ruang di dalam rumah adalah kuncinya. Ini terjadi ketika ruang-ruang di dalam rumah memberikan rasa nyaman kepada penghuninya.

Di sinilah kamu perlu mengetahui suasana ruangan yang ingin kamu ciptakan. Contohnya, bila ingin menciptakan suasana hangat di dalam rumah, tentu pilihan furnitur serbakayu patut di pertimbangkan.

Saat kamu telah mengetahui suasana ruangan yang sesuai, maka mengisi furniturnya pun akan terasa lebih mudah. Langkah ini dapat menjadikan ruangan lebih berjiwa dan kamu tentu akan merasakan kenyamanan selama berada di rumah.

3. Kenali elemen desain

Elemen desain yang di maksud terdiri dari elemen pembentuk ruang dan elemen estetika. Elemen pembentuk ruang termasuk dinding, lantai, langit-langit, dan furnitur serta kelengkapan interior dengan nilai estetika.

Baca Juga:View Alamnya yang Menawan: Ini Dia Tempat Camping di Cimahi Jawa Barat, Hawanya SyahduMasa Depan Kita Panjang, Jangan Pendek Pikiran: Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mental Milenial dan Generasi Z, Bahagia!

Sebelum mulai menata ruang, semestinya kamu dapat mengenali elemen-elemen desain di dalam ruang agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Kamu pun dapat mengolah dan menempatkannya dengan baik untuk memperindah ruangan.

4. Padukan fungsi dan estetika

Sementara sentuhan artistik dapat menciptakan tata ruangan yang estetik, elemen estetika saja tidak cukup untuk mendefinisikan keindahan sebuah ruangan. Keindahan yang sebenarnya dapat di capai dengan memadukan elemen fungsi dan etetika ruangan.

Dengan memadukan keduanya, maka sebuah ruang yang ideal dapat di peroleh. Ruangan akan lebih berjiwa sehingga suasana ruangan jadi lebih menyenangkan. Aktivitas di dalamnya dapat di lakukan dengan optimal sekaligus memberikan kepuasan visual karena tampilannya yang menarik.

Menata ruangan agar terlihat estetik bukan sekadar meletakkan furnitur yang di butuhkan sesuai fungsinya saja. Bila tidak ada upaya menjadikannya indah, maka ruang tersebut akan terasa hampa. Untuk menghindari itu, kamu perlu memperhatikan empat hal penting di atas yang dapat membantumu dalam menata interior ruangan.

0 Komentar