Bisa Membantu Memperlancar Pencernaan, Ini Dia Jenis Buah yang Kaya Akan Serat – Namun Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan

honestdocs.id
honestdocs.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mengonsumsi buah yang kaya akan serat ini memang bisa mempermudah dan melancarkan buang air besar. Oleh karena itu, dengan memenuhi kebutuhan serat harian, bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari mencegah obesitas hingga penyakit jantung.

Serat merupakan jenis karbohidrat kompleks yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan. Misalnya mulai dari mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar (BAB), menurunkan kolesterol, menjaga berat badan, hingga mencegah diabetes.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan serat harian ini bisa di lakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan. Lebih lengkapnya, lagi berikut ini buah – buahan yang kaya akan serat.

Baca Juga:Masuk ke Daftar Wishlist Liburan Akhir Tahun! Ini Dia 5 Tempat Wisata Hits di Majalengka – Penuh dengan Hamparan Perkebunan TehKamu Masih Bisa Diet dengan 5 Camilan Rendah Kalori yang Menyehatkan dan Lezat -Ternyata Ada Es Juga!

Buah Kaya Akan Serat

1. Alpukat

Buah yang pertama ini ada Alpukat di mana dalam satu porsi ini setara dengan 100 gram, terkandung sekitar 6,7 gram serat. Selain kandungan seratnya yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Bahkan, kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah terjadinya degenerasi makula.

2. Pir

Buah pir ini memang menjadi salah satu buah yang di konsumsi untuk bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Di dalam 1 buah pir berukuran sedang, kamu sudah bisa memperoleh sekitar 5,5 gram serat. Selain itu juga, pir termasuk buah dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga aman di konsumsi oleh penderita diabetes.

3. Apel

Apel ini menjadi salah satu buah yang memang di kenal sebagai camilan sehat saat sedang diet. Kamu bisa mengonsumsi 1 buah apel berukuran sedang dan bisa mendapatkan sekitar 4,5 gram serat. Tidak hanya itu, apel juga mengandung serat larut pektin yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Jeruk

Buah yang kaya akan serat lainnya ini ada Jeruk. Jadi, selain kaya vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jeruk juga banyak serat yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi 1 buah jeruk berukuran sedang, kamu sudah bisa mendapatkan 3 gram serat.

Namun, perlu di perhatikan juga bahwa jeruk sebaiknya tidak di konsumsi secara berlebih oleh penderita GERD maupun sakit maag. Hal ini di karenakan kandungan asam dalam jeruk mungkin akan mengiritasi lambung dan membuat kondisi tersebut menjadi makin parah.

5. Pisang

Berikutnya ada buah pisang yang memiliki kandungan potasiumnya tinggi sehingga bisa mencegah kram otot. Serta pisang juga termasuk salah satu buah yang kaya akan serat. Pasalnya, dalam 1 buah pisang berukuran sedang terkandung 3 gram serat.

Walaupun kandungan serat di dalam pisang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, orang yang memiliki intoleransi pati justru bisa mengalami konstipasi saat mengonsumsi buah ini. Maka dari itu untuk mencegahnya, pilihlah pisang yang sudah matang dan jangan mengonsumsinya secara berlebih.

***

0 Komentar