Kamu Jangan Terlalu Khawatir, ya! Inilah Tips Cara Naik Pesawat bagi Pemula, biar Perjalanan Lancar

Kamu Jangan Terlalu Khawatir, ya! Inilah Tips Cara Naik Pesawat bagi Pemula, biar Perjalanan Lancar
cara naik pesawat: traveloka.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Bepergian dengan pesawat mungkin sudah biasa bagi sebagian orang, tetapi banyak orang yang belum pernah bepergian dengan pesawat, sehingga mereka takut harus melakukannya.

Jika kamu pemula, kamu mungkin memerlukan pengetahuan dasar tentang cara naik pesawat. Karena banyak hal yang kadang-kadang belum di ketahui. Sederhananya, seperti cara memesan tiket pesawat atau mendapatkan kebutuhan apa pun saat check-in di bandara.

Tenang, gak perlu khawatir, sebab kamu bisa implementasikan panduan simpel cara naik pesawat berikut ini!

Baca Juga:Liburan Akan Menjadi Lebih Seru dan Anti Buru-Buru: Mengenal Slowcation, Tren Wisata yang Bakal Booming di Tahun 2024Biar Healing Kamu Tidak Gitu-Gitu Saja: Ini Rekomendasi 6 Wisata Rafting di Malang, Memacu Adrenalin!

1. Pesan tiket sebelum keberangkatan

Sederhananya, pesan tiket pesawat secara online beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan.

Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke bandara atau agen travel untuk membeli tiket karena banyak platform yang menawarkan tiket online dan prosesnya hanya memerlukan beberapa menit.

2. Periksa barang bawaan

Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa aturan maskapai yang di pilih tentang barang bawaan. Beberapa hal yang harus di perhatikan termasuk barang yang tidak boleh di bawa, jumlah bagasi yang dapat di tampung, dan bobot barang maksimal agar tidak mengeluarkan biaya tambahan.

Adapun barang-barang penting semacam ponsel, dompet, hingga obat-obatan, sebaiknya di masukkan ke dalam tas yang di bawa ke atas kabin. Selain itu, pastikan kartu identitas selalu di tangan supaya mudah di ambil sewaktu-waktu. 

3. Datang lebih awal

Karena ini adalah perjalanan pertama kamu, kamu harus tiba lebih awal karena bisa saja kamu bingung bagaimana mencapai lokasi tertentu di bandara.

Waktu ideal untuk ini adalah 2 jam pada penerbangan domestik dan 3 jam penerbangan internasional. Pada senggang waktu itu, kamu bisa mulai melakukan sejumlah aktivitas yang di perlukan.

Beberapa tugas yang harus di lakukan antara lain melakukan check-in dan menimbang barang bawaan. Selain itu, jika Anda bepergian ke luar negeri, kamu harus menjalani pemeriksaan barang di imigrasi, menemukan pintu keberangkatan yang sesuai dengan tujuan Anda, dan banyak lagi.

Baca Juga:Bisa Banget Melakukan Berbagai Aktivitas Alam yang Seru: Wisata Gunung di Yogyakarta Terpopuler untuk RefreshingMelihat Keindahan Alam Indonesia Ini Tidak ada di Negara Lain: Ini Spot Menyelam Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia

4. Melakukan check in dan pemeriksaan

Setelah tiba di bandara, hal pertama yang perlu di lakukan adalah melakukan check in. Jika kamu dapat melakukannya secara online, kamu dapat melakukannya sebelum tiba di bandara.

Anda harus menimbang dan mendaftarkan barang bawaan kamu jika kamu tidak dapat di naikkan ke kabin karena barang bawaan kamu harus masuk bagasi pesawat. Setelah itu, letakkan semua barang bawaanmu, termasuk jaket, ikat pinggang, perhiasan, dan ponsel, di tempat yang di tunjukkan. Periksaan ini di lakukan untuk mengetahui apakah kamu membawa barang berbahaya.

5. Temukan pintu keberangkatan yang sesuai

Setelah menyelesaikan tahap pengecekkan, cari pintu keberangkatan yang tertera pada tiket kamu atau yang akan di tampilkan pada laya monitor bandara. Biasanya, ada informasi tentang lokasi pintu keberangkatan di bandara. Untuk mencapainya, perhatikan penunjuk arah di sekitar kamu.

Namun, jangan malu untuk bertanya kepada petugas atau orang-orang di sekitarmu jika kamu masih bingung dan tidak dapat menemukan jalan keluar. Jika kamu sudah sampai di pintu keberangkatan pesawat, coba tunggu sebentar hingga kamu di izinkan masuk. Di ruang tunggu ini ada tempat duduk dan stasiun charging.

6. Masuk ke dalam pesawat

Bila telah di persilahkan, segaralah masuk ke dalam pesawat. Biasanya ada maskapai yang mengatur alur masuk pesawat, kelompok tertentu yang di dahulukan masuk maskapai, dan yang di minta belakangan. Namun, gak sedikit maskapai membebaskan penumpang masuk tanpa ketentuan tertentu.

7. Mencari tempat duduk

Setelah berhasil masuk pesawat, carilah tempat duduk sesuai nomor yang di miliki. Nomor ini dapat di lihat di bagian atas tempat duduk. Namun, umumnya terdapat kru penerbangan yang bakal menyambut, bertanya nomor kursi, serta menginformaskan letak kursimu berada.

Selanjutnya, kuti saja instruksi yang di berikan kru sembari melihat nomor kursi yang tertera hingga berhasil menemukannya. Bila sudah ketemu, duduklah, dan ikuti arahan lanjutan dari awak kabin, dan nikmati perjalanan udara perdanamu.

Nah, itulah informasi terkait cara naik pesawat bagi pemula yang penting untuk diketahui. Sebenarnya gak sulit, tetapi kamu perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan cermat supaya tidak bingun atau justru ketinggalan pesawat.

0 Komentar