Mulai Dari Insomnia Hingga Gelisah! Ini Dia Efek Samping Minum Kopi Secara Berlebih yang Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh

umsu.ac.id
umsu.ac.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Mengonsumsi kopi memang bisa menghilangkan rasa kantung dan juga mampu meningkatkan kosentrasi. Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu waspadai, yaitu efek samping minum kopi secara berlebih. Jadi, kamu juga harus tetap memperhatikan porsinya.

Ada banyak juga manfaat bagi tubuh di saat mengonsumsi kopi, mulai dari meningkatkan suasana hati, metabolisme tubuh, dan masih banyak lagi. Apabila di konsumsi dengan jumlah yang sesuai, yaitu sekitar 2–3 cangkir per hari, kopi umumnya aman bagi orang dewasa.

Perlu kamu ketahui bahwa ada efek samping jika mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir kopi per hari. Jika terlalu sering mengonsumsi kafein, lama-kelamaan bisa menimbulkan efek samping yang di sebut caffeinism. Berikut ini beberapa efek samping minum kopi.

Baca Juga:Dikenal Memiliki Wawasan yang Luas, Berikut Zodiak Paling Cerdas – Apakah Ada Zodiak Kamu?Tidak Hanya Ayam Betutu, Berikut Daftar Makanan Khas Bali yang Dijamin Bikin Ketagihan, Guys

Efek Samping Minum Kopi

1. Insomnia

Kafein yang ada pada kopi bisa membuat kamu terjaga untuk mengatasi ngantuk, dan meningkatkan konsentrasi. Tetapi, asupan kafein yang berlebihan bisa mengurangi waktu tidur dan membuat tubuh tidak bisa tidur dengan nyenyak. Maka dari itu kamu akan mengalami gangguan tidur atau insomnia.

2. Gelisah

Kemudian, kafein pun bisa meningkatkan kewaspadaan karena memiliki efek stimulan. Walaupun begitu, efek samping kopi pun bisa membuat kamu menjadi gelisah dan cemas. Hal ini bahkan dapat menimbulkan serangan panik dan kambuhnya gejala gangguan cemas.

3. Sering Baung Air Kecil

Efek samping minum kopi lainnya, yaitu karena kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga bisa merangsang pembuangan urine dan membuat kamu lebih sering buang air kecil. Maka dari itu kamu akan lebih sering ke toilet setelah mengonsumsi kopi.

4. Denyut Jantung Menjadi Cepat

Jika terlalu banyak minum kopi, bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan irama detak jantung menjadi berubah (fibrilasi atrium). Apabila kamu mengalami hal tersebut setelah mengonsumsi kopi, maka pertimbangkanlah untuk mengurangi asupan kopi mu.

5. Caffeine Withdrawal

Caffeine withdrawal merupakan efek samping kopi yang muncul ketika seseorang sudah terbiasa rutin minum kopi, lalu tiba-tiba berhenti mengonsumsinya. Ketika mengalami gejala seperti ini, kamu akan merasa sakit kepala, pusing, mual, cepat lelah, sulit konsentrasi, hingga suasana hati yang cepat berubah.

***

0 Komentar