Gempa Hari Ini M 3,1 Terjadi di Kabupaten Garut, Ini Penjelasan BMKG

Gempa Hari Ini M 3,1/Jabar - iNews
Gempa Hari Ini M 3,1/Jabar - iNews
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pada Kamis 4 Januari 2024 pagi ini, BMKG, atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, mengeluarkan update informasi gempa bumi.

Terbaru, gempa mengguncang Kabupaten Garut di barat daya Jawa Barat. Di laman Twitter @infoBMKG, BMKG menyampaikan berita gempa terbaru yang mengguncang wilayah barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam rilis pagi ini, BMKG menyatakan bahwa gempa terkini terjadi pada pukul 07:15:50 WIB di barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan magnitudo 3.2.

Baca Juga:Gempa Terkini, Kamis 04 Januari 2024 Sebesar M 5,6 Guncang Tanimbar yang Berpusat di LautK-Popers Harus Tahu! Inilah Fakta Golden Disc Awards di Jakarta 2024

Lokasi gempa di Garut, Jawa Barat, adalah di titik koordinat 7.22 LS, 107.69 BT. Menurut data BMKG, gempa terjadi di kedalaman 10 km di Garut, Jawa Barat.

“#Gempa Mag:3.2, 04-Jan-2024 07:15:50WIB, Lok:7.22LS, 107.69BT (23 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km #BMKG.

Disclaimer: Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis BMKG di Twitter @infoBMKG.

Apa Yang Harus Di lakukan SEBELUM, SESAAT, SESUDAH gempa bumi

Sebelum Terjadi gempa bumi

A. Kunci Utama adalah

Mengetahui apa itu guncangan; Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda terlindung dari bahaya gempa bumi (longsor, liquefaction, dll.); mempertimbangkan dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terlindung dari bahaya guncangan.

B. Kenali Lingkungan Tempat Anda Bekerja

Apabila terjadi guncangan, perhatikan lokasi pintu, lift, dan tangga darurat; ketahui tempat paling aman untuk berlindung; pelajari cara menggunakan alat pemadam kebakaran; dan catat nomor telepon penting yang dapat di hubungi.

Saat Terjadi gempa bumi

A. Jika Anda berada di dalam bangunan

Baca Juga:Ini Dia Jadwal dan Cara Penukaran Tiket Golden Disk Awards 2024 di Jakarta, Jangan Sampai Ketinggalan Gan!Profil Prajogo Pangestu: Pengusaha Visioner Indonesia

Untuk menghindari reruntuhan bangunan, bersembunyi di bawah meja, dll., dan cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan. Apabila mungkin, lari.

B. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka

Menghindari bangunan di sekitar Anda, seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan sebagainya. Perhatikan tempat Anda berpijak dan hindari apabila terjadi rekahan tanah.

0 Komentar