Gempa Terkini, Kamis 04 Januari 2024 Sebesar M 5,6 Guncang Tanimbar yang Berpusat di Laut

Gempa Terkini/Tribun Kaltara - Tribunnews.com
Gempa Terkini/Tribun Kaltara - Tribunnews.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Gempa magnitudo (M) 5,6 mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Maluku.

Pada Kamis, 4 Januari 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa gempa berpusat di laut. Pada pukul 09.43 WIT, gempa terjadi.

“Gempa Mag: 5,6,” tulis BMKG melalui akun X-nya @infoBMKG.

Episenter gempa berada pada koordinat 6.72 derajat lintang selatan dan 130.06 derajat bujur timur, menurut National Geographic Observatory (BMKG). Gempa terletak 196 km di barat laut Tanimbar.

Baca Juga:K-Popers Harus Tahu! Inilah Fakta Golden Disc Awards di Jakarta 2024Ini Dia Jadwal dan Cara Penukaran Tiket Golden Disk Awards 2024 di Jakarta, Jangan Sampai Ketinggalan Gan!

“Pusat gempa berada di laut 196 km Barat Laut Tanimbar. Kedalaman 10 km,” terang BMKG.

Mula-mula gempa terjadi di Halmahera Selatan, Maluku Utara pada pukul 02.22 WIB dan terjadi di Rokan Hulu, Riau pada pukul 02.11 WIB.

“#Gempa Mag:4.3, 04-Jan-2024 02:11:19WIB, Lok:0.60LU, 100.44BT (48 km Selatan ROKANHULU-RIAU), Kedlmn:208 Km #BMKG Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data”

“#Gempa Mag:3.8, 04-Jan-2024 02:22:02WIB, Lok:1.90LS, 127.82BT (44 km Tenggara HALMAHERASELATAN-MALUT), Kedlmn:12 Km #BMKG Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data”

Selang sejam kemudian, gempa kembali terjadi di Bengkulu, dan kemudian di ikuti oleh gempa di Papua.

“#Gempa Mag:4.6, 04-Jan-2024 03:11:14WIB, Lok:5.16LS, 102.92BT (62 km BaratDaya KAUR-BENGKULU), Kedlmn:17 Km #BMKG Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,”

#Gempa Mag:3.7, 04-Jan-2024 03:50:29WIB, Lok:3.27LS, 140.40BT (41 km BaratLaut KEEROM-PAPUA), Kedlmn:29 Km #BMKG Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis info BMKG di X.

Baca Juga:Profil Prajogo Pangestu: Pengusaha Visioner IndonesiaBREN Prajogo Pangestu Tuntaskan Akuisisi Dua PLTB Sukabumi dan Bogor

Info gempa terjadi hari ini bisa di lihat di SINI

Skala Kerusakan Gempa

Berdasarkan skala MMI yang di kutip dari laman BMKG, berikut info MMI yang dapat di pelajari.

I MMI

Yang pertama, getaran gempa tidak dapat di rasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang.

II MMI

Yang kedua, beberapa orang dapat merasakan getaran gempa atau goncangan benda ringan yang di gantung, seperti lampu gantung.

III MMI

Kemudian, jika Anda berada di rumah, Anda dapat merasakan getaran gempa secara langsung. Anda dapat merasakannya seolah-olah ada yang naik di dalam truk yang berjalan.

IV MMI

Berikutnya, pada siang hari, banyak orang di dalam rumah dan beberapa orang di luar dapat mendengar gerabah pecah, bunyi jendela dan pintu, dan suara dinding.

V MMI

Selanjutnya, pada siang hari, banyak orang di dalam rumah dan beberapa orang di luar dapat mendengar gerabah pecah, bunyi jendela dan pintu, dan bunyi dinding.

VI MMI

Semua orang merasakan getaran gempa bumi, sebagian besar terkejut dan lari, plester dinding jatuh, dan cerobong asap di pabrik rusak, menyebabkan kerusakan kecil.

VII MMI

Di rumah, semua orang keluar. Rumah dengan struktur dan konstruksi yang baik mengalami kerusakan ringan, sementara bangunan dengan struktur dan konstruksi yang kurang baik mengalami retakan, bahkan hancur, dan cerobong asap pecah. Dan orang yang sedang naik kendaraan dapat merasakan getaran.

VIII MMI

Kerusakan ringan pada bangunan yang kuat; kerusakan pada bangunan yang kurang kuat; dinding yang terlepas dari rangka; asap dari pabrik; dan monumen roboh

IX MMI

Bangunan kayu yang kuat rusak, struktur rumah lepas dari pondamennya, rel melengkung membelah tanah, dan tanah longsor di sungai dan tanah yang curam.

XI MMI

Ada beberapa bangunan yang masih berdiri. Setelah jembatan runtuh, terbentuk lembah. Rel sangat melengkung dan tanah terbelah, sehingga pipa tidak dapat di gunakan sama sekali.

0 Komentar