Begini Kronologi Kecelakaan Kereta Api di Bandung Beserta 7 Fakta Lainnya

Kronologi Kecelakaan Kereta Api di Bandung/detikFinance - detikcom
Kronologi Kecelakaan Kereta Api di Bandung/detikFinance - detikcom
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tiga orang tewas dalam tabrakan kereta api (KA) Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka pagi ini, Jumat (5/1/2024).

Kronologisnya menunjukkan bahwa tabrakan antara dua kereta terjadi pada pukul 06.03 WIB di Kampung Babakan DKA Desa.

Cikuya, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung di KM 181 + 5/4. Kereta KA Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dengan Nomor Lokomotif CC 206 13 97, dan Kereta Lokal Padalarang-Cicalengka dengan Nomor KA 350.

Baca Juga:Profil Putri Anne, Pendamping Setia Arya SalokaMENGGEMPARKAN! Kecelakaan Kereta Api Terjadi di Bandung Jawa Barat, 3 Orang Meninggal dan 28 Orang Luka-luka

Namun, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan bahwa kecelakaan tersebut juga mengganggu perjalanan kereta api di wilayah tersebut.

“Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat di lalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, di kutip dari siaran pers. 

Selain itu, KAI juga melakukan upaya untuk mengevakuasi dua rangkaian kereta api dan memperbaiki jalur rel yang rusak.

Kronologi Kecelakaan Kereta Api

KAI akan melakukan rekayasa pola operasi untuk rute KA-KA yang melintasi daerah Haurpugur hingga Cicalengka dengan membuat jalan memutar dan menggunakan angkutan lain.

Selain itu, KAI akan bekerja sama dengan KNKT untuk melakukan investigasi untuk menemukan sumber kecelakaan.

Pada kesempatan berikutnya, kami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang peristiwa ini. Tiga orang meninggal, menurut Kabar Harian Kombes Pol Ibrahim Tompo, Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar).

Mereka adalah Masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, Asisten Masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, dan Pramugara KA Turangga.

Baca Juga:Viral! Putri Anne Cium Pria Brewok Berkepala Plontos, Rumah Tangganya dengan Arya Saloka Kembali Jadi SorotanKebaikan dan Keagungan Ayat Menyusui dalam Al-Qur’an: Kasih Sayang Ibu yang Tiada Henti

“Untuk sementara korban di duga MD [meninggal dunia]: Masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka a.n JDS [red], Asisten Masinis KA KRD Lokal Padalarang-Cicalengka a.n P, Pramugara KA Turangga a.n A 22 tahun,” ujar Ibrahim melalui pesan singkat kepada Bisnis, Jumat (5/1/2024). 

Untuk saat ini, total 28 korban luka-luka telah di bawa ke RSUD Cicalengka. Sebaliknya, KA Turangga memiliki kapasitas 287 penumpang, dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka memiliki 191 penumpang. Namun, Ibrahim belum memberi tahu orang apa yang menyebabkan kecelakaan fatal tersebut.

“Sementara di laporkan perkembangan lanjut di laporkan kembali,” demikian bunyi pesan tersebut. 

7 Fakta Kecelakaan Kereta Api di Bandung

1. Kecelakaan Kereta Hari ini di Cicalengka

Di hari Jumat, 5 Januari 2024, terjadi kecelakaan kereta api di Cicalengka yang melibatkan KA Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya. Kecelakaan terjadi di lintasan Haurpugur-Cicalengka Km 181+700, Bandung, Jawa Barat, dan menyebabkan jalur Haurpugur-Cicalengka terputus sementara waktu.

2. 3 Orang Meninggal Dunia

Di jalur Haurpugur-Cicalengka, Bandung, KA Turangga bertengkar dengan KA lokal Bandung Raya. Kecelakaan itu menewaskan tiga orang, salah satunya adalah masinis kereta yang terjepit.

3. Masinis KA Turangga Terjepit

Di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, ada kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya di mana seorang masinis terjepit. Evakuasi korban yang masih terjebak di kereta sedang di lakukan oleh petugas Basarnas, TNI Polri, PT KAI, PMI, dan unsur relawan.

4. Kondisi Penumpang: 28 Luka

Dalam kecelakaan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya di Cicalengka, semua penumpang selamat. Namun, puluhan penumpang terluka dan di evakuasi.

5. Penyebab Kecelakaan Masih Di selidiki

Segera setelah itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memulai investigasi tentang alasan kecelakaan KA Turangga dan KA lokal Bandung Raya. Hal ini terjadi di Cicalengka, yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

6. Penumpang Numpuk di Stasiun Bandung

Di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, sebuah kendaraan lokal Bandung Raya bertabrakan dengan KA Turangga. Akibatnya, Stasiun Bandung di Jawa Barat penuh dengan penumpang.

7. Perjalanan 2 KA dari Surabaya Dialihkan

Di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, sebuah kendaraan lokal Bandung Raya bertabrakan dengan KA Turangga. Akibatnya, Stasiun Bandung di Jawa Barat penuh dengan penumpang.

0 Komentar