Kebaikan dan Keagungan Ayat Menyusui dalam Al-Qur’an: Kasih Sayang Ibu yang Tiada Henti

Ayat Menyusui dalam Al-Qur'an/Haibunda
Ayat Menyusui dalam Al-Qur'an/Haibunda
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Menyusui adalah tindakan mulia yang memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, tetapi juga menggambarkan hubungan unik antara seorang ibu dan anaknya.

Terdapat ayat menyusui dalam Al-Qur’an, yang mengangkat kebaikan dan keagungan dari tindakan menyusui, menunjukkan pentingnya peran ibu dalam memberikan nutrisi, kasih sayang, dan perlindungan kepada anak-anak mereka.

Salah satu ayat yang merinci keutamaan menyusui terdapat dalam Surah Al-Baqarah (2:233), yang menyatakan, “Dan ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Baca Juga:Riwayat Penurunan Al-Qur’an: Sebuah Perjalanan Ilahi yang Penuh KebijaksanaanGempa Hari Ini M 3,1 Terjadi di Kabupaten Garut, Ini Penjelasan BMKG

” Ayat ini memberikan petunjuk jelas tentang waktu penyusuan ideal, yakni selama dua tahun. Hal ini mencerminkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan bayi dalam pertumbuhan awal mereka.

Ayat ini juga menunjukkan bahwa tindakan menyusui bukan hanya tugas fisik semata, tetapi juga merupakan bentuk komitmen ibu.

Ayat Menyusui dalam Al-Qur’an

Dalam Islam, tugas ini di anggap sebagai bentuk ibadah dan amal saleh yang dapat mendatangkan pahala bagi ibu yang melakukannya dengan penuh cinta dan kesabaran.

Selain Surah Al-Baqarah, terdapat juga ayat dalam Surah Luqman (31:14) yang menyiratkan keagungan hubungan antara ibu dan anak.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan melahirkannya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah (pula); dan menyusunya adalah tiga puluh bulan.

” Ayat ini menekankan pada pengorbanan dan kepedulian seorang ibu sepanjang proses kelahiran dan masa menyusui.

Kelembutan dan kelembutan ibu dalam memberikan kasih sayang dan nutrisi kepada anaknya tercermin pula dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang menegaskan bahwa “Jannah (surga) berada di bawah telapak kaki ibu.

Baca Juga:Gempa Terkini, Kamis 04 Januari 2024 Sebesar M 5,6 Guncang Tanimbar yang Berpusat di LautK-Popers Harus Tahu! Inilah Fakta Golden Disc Awards di Jakarta 2024

” Dengan mengedepankan nilai-nilai kasih sayang dan pengorbanan ibu, Islam mengajarkan umatnya untuk menghargai peran wanita dalam pembentukan masyarakat yang beradab.

Dalam konteks modern, ketika masyarakat terkadang menghadapi tekanan untuk mengejar karir dan tuntutan lainnya.

Meskipun tantangan-tantangan mungkin berbeda, nilai-nilai dan pedoman yang terkandung dalam ayat-ayat ini tetap relevan.

Dengan menggali lebih dalam ke dalam ayat-ayat ini, umat Islam dapat merenungkan keagungan dan kebijaksanaan.

Melalui pemahaman dan penerapan nilai-nilai ini, masyarakat dapat terus membangun fondasi keluarga yang kuat dan penuh kasih sayang.

0 Komentar