Pecinta Alpukat? Berikut ini Tips Mematangkan Alpukat dengan Mudah dan Cepat : Sehari Langsung Mateng!

rbtv.disway.id
rbtv.disway.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat dan bisa di gunakan atau di tambahkan untuk berbagai hidangan. Hidangannya ini mulai dari salad, jus, hingga smoothie. Maka dari itu, kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu tips mematangkan alpukat.

Cara mematangkan alpukat dalam semalam ini bisa di lakukan agar buah yang satu ini dapat segera kamu konsumsi. Mengutip dari Ragam Olahan Buah Alpukat yang Sehat dan Kaya Manfaat, Irma H & Triyanto (2020:25-27), kematangan alpukat bisa di lihat dari warna kulitnya yang hijau keunguan, teksturnya yang lembut, dan bijinya yang terdengar lepas ketika di goyangkan.

Sebetulnya alpukat ini memang jenis buah yang sulit untuk matang di pohon, oleh karena itu biasanya alpukat di jual dalam kondisi belum matang. Berikut ini tips mematangkan alpukat.

Baca Juga:Mengenal Penggunaan Panel Surya yang Bisa Menjadi Alternatif Pembangkit Listrik Mandiri – Ternyata Jenis ini yang Paling Mahal5 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami dan Mudah Dilakukan – Ketahui Apa yang Harus dan Tidak Boleh

Tips Mematangkan Alpukat

1. Masukkan ke Dalam Kantong Kertas Cokelat atau Koran

Buah alpukat ini menghasilkan gas etilen. Menurut penelitian, menunjukkan bahwa buah di kelilingi dengan udara yang kaya etilen bisa semakin meningkatkan produksi etilen dan mempercepat pematangan. Maka dari itu, menyimpan alpukat dalam bahan yang tertutup tetapi bisa bernapas, memerangkap etilen dan membantu alpukat matang lebih cepat.

2. Simpan dengan Buah Lain

Kamu bisa menyimpan alpukat bersama pisang atau apel. Zat etilen pada pisang dan apel ini ternyata bisa membuat buah cepat matang. Kamu bisa meletakan alpukat bersama pisang atau apel di wadah yang sama, di tempat yang hangat, dan tunggu hingga matang.

3. Memeram Alpukat

Apabila tidak ada alat untuk membungkus alpukat, maka memeram alpukat di dalam wadah berisi beras atau tepung, maka bisa di lakukan. Harus bisa di pastikan alpukat tenggelam di dalam beras atau tepung.

4. Gabungkan Alpukat yang Sudah Dipotong

Tips mematangkan alpukat lainnya ini, jika kamu sudah memotong alpukat yang belum matang, maka gabungkan kembali potongan-potongan itu dan simpan dalam cling wrap di lemari es. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa melapisi alpukat dengan lilin polietilen densitas rendah adalah cara terbaik untuk mengurangi hilangnya kelembapan.

Sementara itu, alpukat yang di potong terus menghasilkan etilen dan akan matang, meskipun lebih lambat karena penyimpanan dingin.

***

0 Komentar