Baju Sudah Kering Tapi Masih Bau? Tenang, Ini Cara Mengatasi Bau Apek pada Baju! Bye-bye Bau Apek

Baju Sudah Kering Tapi Masih Bau? Tenang, Ini Cara Mengatasi Bau Apek pada Baju! Bye-bye Bau Apek
Cara Mengatasi Bau Apek pada Baju (The New York Times)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat musim hujan seperti saat ini, menjemur baju akan lebih sulit untuk kering. Jika hal itu terjadi, maka tak menutup kemungkinan akan timbul bau apek pada baju yang di jemur. Bahkan, terkadang bau apek juga bisa timbul walaupun baju telah di jemur sampai kering. Lalu, bagaimana cara mengatasi bau apek pada baju?

Masalah bau apek bukan hanya karena belum kering saat di jemur, namun juga bisa di akibatkan karena di simpan di dalam lemari. Hal ini lumrah terjadi karena sirkulasi udara yang kurang baik pada lemari sehingga mengakibatkan timbulnya bau apek.

Belum lagi karena bagian dalam lemari yang kotor dan basah. Beberapa hal tersebut dapat menjadi penyebab yang dapat membuat baju mengeluarkan bau apek. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi permasalah tersebut. Simak beberapa caranya berikut ini.

Baca Juga:Gunung Lewotobi Kembali Alami Erupsi Hingga 1.500 Meter, Masyarakat Diminta untuk Tenang dan Tidak Mempercayai Isu yang Belum Jelas KebenarannyaGolden Disc Awards Akan Segera Berlangsung Nanti Malam, Dihadiri Oleh Sejumlah Artis Korea Selatan yang Akan Hadir Dalam Acara Tersebut

Cara Mengatasi Bau Apek Pada Baju

Dari laman Enesis, dijabarkan mengenai beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk mengatasi bau apek. Berikut langkahnya.

1. Gunakan Air Lemon atau Baking Soda

Salah satu cara yakni dengan menggunakan air lemon yaitu dengan mencampur satu sendok detergen bersama dengan satu gelas air perasan lemon di wadah besar, kemudian rendam baju yang bau apek ke dalamnya. Rendam selama 15-30 menit lalu cuci, bilas, dan tambahkan pengharum pakaian sebelum di jemur hingga benar-benar kering.

Lalu bisa juga dengan menggunakan baking soda. Cara ini bisa di lakukan untuk baju yang sudah di cuci. Caranya dengan menggunakan alas rata seperti meja, taruh baking soda sebanyak 3-5 sdm ke bagian atas baju lalu diamkan semalaman dalam kondisi baju di taruh melebar. Saat ingin di cuci, bersihkan baking soda menggunakan sikat lalu jemur kembali.

2. Bersihkan Lemari

Bukan hanya masalah baju yang belum di jemur hingga kering saja, namun lemari juga dapat menjadi biang kerok perihal bau apek. Untuk itu, cara mengatasi bau apek pada baju, bisa dengan cara membersihkan lemari. Pasalnya, bisa saja ada jamur,  kotoran cicak atau tikus, kotoran hewan peliharaan hingga bau lembab.

Untuk menghilangkan bau lembab atau bau apek, bisa gunakan bubuk kopi yang di simpan dalam lemari yang di kemas dalam plastik atau kertas. Kemudian simpan dekat baju yang bau apek dan diamkan semalaman. Lalu biarkan lemari terbuka agar sirkulasi udara berjalan baik.

3. Mencuci Ulang dan Gunakan Setrika Uap

Jika tercium bau sangat apek pada baju, maka sebaiknya di cuci ulang. Pisahkan dengan baju yang tidak terlalu bau atau tidak bau sama sekali. Baju-baju tersebut bisa di jemur di tempat yang cukup panas. Kemudian, bisa juga dengan menggunakan setrika uap yang terbukti ampuh membunuh tungau penyebab alergi, kuman dan juga bakteri penyebab bau apek. 

0 Komentar