Hiii, Hati-hati Jika Kamu Malas Mengganti Sprei! Ternyata Ini Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Jarang Mengganti Sprei

Hiii, Hati-hati Jika Kamu Malas Mengganti Sprei! Ternyata Ini Dampak Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Jarang Mengganti Sprei
Dampak Buruk Jarang Mengganti Sprei (Istimewa/ Radar Cirebon)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kapan terakhir kali kamu mengganti sprei? Pastikan jika kamu kerap menggantinya secara berkala. Pasalnya, jika kamu malas atau jarang untuk mengganti sprei, ada dampak buruk yang akan kamu dapatkan.

Hal ini seringkali terlewat karena berbagai alasan. Bisa karena ada aktivitas yang padat hingga lupa untuk menggantinya, ataupun karena berbagai alasan lainnya. Padahal, sprei merupakan bagian yang paling wajib untuk di perhatikan kebersihannya, mengingat sprei menjadi alas kasur untuk beristirahat.

Jika hal ini tidak di perhatikan, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, khususnya untuk kulit. Berikut ini, akan di rangkum mengenai berbagai hal buruk yang bisa saja kamu dapatkan jika kamu malas mengganti sprei.

Baca Juga:Cara Memasak Nasi yang Pulen Ala Jepang Menggunakan Panci dan Rice Cooker, Simak LangkahnyaCara Menghilangkan Jamur Pada Baju dengan Bahan yang Ada di Dapur, Solusi Murah Meriah untuk Bajumu yang Berjamur

Dampak Buruk Jarang Mengganti Sprei

Simak beberapa dampak yang dapat ditimbulkan jika malas untuk mengganti sprei.

1. Masalah pada Kulit

Sprei merupakan benda yang akan menempel pertama kali pada kulit, baik kulit wajah maupun badan. Jika sprei jarang di ganti, maka akan menimbulkan infeksi hingga iritasi pada kulit akibat bakteri yang menempel pada sprei yang berasal dari keringat dan minyak alami tubuh.

Kemudian, bisa saja menimbulkan jerawat karena kotoran dan debu yang menempel pada sprei maupun sarung bantal. Jika terjadi jerawat terus menerus, maka bisa menimbulkan peradangan yang berujung pada masalah bopeng wajah. Tentunya jika kamu tidak hal ini terjadi, sebaiknya ganti sprei secara berkala, setidaknya seminggu sekali.

2. Hati-hati dengan Kutu Busuk dan Tungau

Dampak buruk yang dapat terjadi jika jarang mengganti sprei berikutnya yaitu munculnya kutu busuk. Kutu busuk dapat ditemui pada sprei dan kasur yang jarang di bersihkan dan biasanya akan tumbuh dan cepat menyebar pada sprei yang kotor.

Selain itu, bisa juga muncul tungau karena tungau seringkali hidup di area tempat tidur yang jarang dibersihkan. Hati-hati dengan hewan ini karena tungau dapat memberikan rasa gatal hingga meninggalkan bekas pada kulit.

3. Bisa Memicu Asma

Hal lainnya yang dapat terjadi yaitu bisa memicu asma. Selain memberikan rasa gatal hingga meninggalkan bekas pada kulit, tungau debu juga rupanya dapat mengakibatkan beragam penyakit yang menyerang pernapasan seperti alergi dan asma. Konon, tungau debu merupakan salah satu biang dari kekambuhan penyakit asma.

0 Komentar