Jangan Asal Mendaki! Cek Beberapa Persiapan untuk Pendaki Pemula – Kenali Rute, Lokasi dan Cuacanya

(sumber foto by google, 24/02/23)--
(sumber foto by google, 24/02/23)--
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Saat ini banyak sekali anak-anak muda yang mulai mencoba untuk mendaki gunung. Namun, sebelum kamu mencoba untuk mendaki, tentunya ada beberapa persiapan yang harus di persiapkan apalagi bagi pendaki pemula. Hal tersebut di perlukan guna memenuhi keamanan dan keselamatan para pendaki selama menjelajahi alam.

Aktivitas tersebut sebetulnya ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan, misalnya memberikan efek relaksasi dan meredakan stress. Supaya kegiatan kamu ini bisa berjalan dengan baik, berikut ini beberapa persiapan bagi para pendaki pemula.

Persiapan Bagi Para Pendaki Pemula

1. Tentukan Level Mendaki dan Lokasi

Bagi para pendaki pemula, pilihlah lokasi dengan jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan kamu. Selain itu juga, kenali terlebih dulu jalur pendakian dari lokasi yang kamu pilih. Kamu pun harus pertimbangkan waktu yang di butuhkan untuk mendaki. Cobalah untuk latihan dengan memilih lokasi yang dekat dengan area tempat tinggal.

Baca Juga:Daftar Hp Xiaomi Terbaru dan Termurah Enggak Bikin Kantong Kamu Bolong – Yuk, Segara Ganti di Tahun yang BaruTidak Akan Mengganggu Aktivitas Kamu, Spesifikasi dan Harga Huawei Freeclip Baru Tampilan Lebih Praktis – Apakah Sudah Rilis di Indonesia?

2. Pilih Sendiri atau Membawa Teman

Apakah kamu ingin melakukan solo hiking atau membawa teman? Mungkin kebanyakan orang, mendaki gunung sendirian menjadi hal untuk mencapai ketenangan batin. Tetapi perlu kamu perhatikan bahwa mendaki sendirian juga lebih berbahaya. Apabila terjadi sesuatu saat kamu lengah dan keluar jalur, di takutkan tidak ada yang mengingatkan.

3. Cek Lokasi dan Cuaca

Kamu juga perlu mengetahui dan mengecek lokasi dan cuaca di lokasi pendakian yang akan kamu tuju. Kamu bisa memeriksa cuaca di lokasi melalui ramalan cuaca atau bertanya kepada penjaga pos pendakian atau pengawas di lokasi tersebut. Cek juga apakah ada kabut tebal, hujan besar terutama badai petir, atau bahkan siaga letusan.

Apabila terjadi risiko cuaca buruk saat pendakian, bisa berdampak fatal mulai dari tersesat di perjalanan atau hipotermia. Jadi alangkah baiknya pendakian tidak dipaksakan.

4. Kabari Orang Tau atau Orang Terdekat

Persiapan bagi para pendaki pemula ini dengan memberi kabar teman dan keluarga di rumah mengenai jadwal perjalanan kamu. Beri tahu informasi kapan kamu berangkat, berapa lama, siapa saja teman yang ikut mendaki, termasuk lokasi. Hal tersebut sangat penting untuk di beritahu sebagai antisipasi jika ada sesuatu yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Apabila kamu akan mendaki dengan rute yang melelahkan, asupan makanan sangat berperan besar untuk menyediakan energi yang kamu butuhkan selama mendaki. hal itu juga sekaligus mencegah kemungkinan cedera. Menurut Ahli diet Kate Scarlata, di lansir Boston Magazine mengatakan makanan persiapan untuk naik gunung yang ideal seharusnya mengandung tinggi karbohidrat dan protein.

Pilihan menu makanannya ini seperti campuran greek yogurt atau topping telur rebus, atau seporsi nasi putih hangat dengan lauk daging. Itu adalah pilihan sarapan yang baik sebelum mendaki gunung. Selain itu, camilan pisang atau jeruk sebelum dan selama mendaki juga sangat di sarankan.

***

0 Komentar