Bisa Langsung Dimakan Tanpa Takut Bau Mulut: Inilah Cara Olah Pete Jadi Lalapan agar Tidak Bau, Makin Nikmat!

cara olah pete jadi lalapan: fimela.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Orang Indonesia sudah lama menyukai petai, juga di kenal sebagai petai. Pete selalu memiliki bau yang menyenangkan, tetapi mereka yang baru mencobanya mungkin terganggu oleh baunya.

Tenang, kamu tak perlu terlalu khawatir karena aroma pete yang tajam bisa di kurang, kok. Sebab, ada beberapa cara olah pete jadi lalapan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi baunya. Yuk, simak cara-caranya dalam artikel berikut ini!

1. Santap pete tanpa mengupas kulit arinya

Cara membuat pete jadi lalapan sangat mudah. Anda bahkan hanya perlu mengupas kulit bagian luarnya dan memasukkan biji pete ke dalam kulit arinya, yang dapat menghilangkan bau pete yang sangat menyengat.

Baca Juga:WOW! Ada Banyak Jenis Mochi yang Menarik untuk Kamu Coba: Inilah Jenis Mochi untuk Teman Ngemil, Legit dan Manisnya Nagih!Bukan Harganya yang Terjangkau, Yuk Kenali 5 Kelebihan Motor Listrik Polytron Fox-S

2. Rendam biji pete dalam air garam

Untuk mengurangi bau pete mentah yang terlalu menyengat, kamu dapat merendam biji pete dengan air garam sebelum di sajikan sebagai lalapan.

Caranya, cukup kupas dan pisahkan biji pete dari kulitnya. Kemudian, siapkan air garam secukupnya untuk merendam biji pete. Rendam biji pete sampai layu, lalu bilas dengan air bersih dan tiriskan. Pete siap di sajikan sebagai lalapan maupun di olah menjadi hidangan lainnya.

3. Rebus pete bersama kulitnya

Cara olah pete jadi lalapan yang bisa kamu coba berikutnya adalah dengan merebusnya. Pastikan untuk merebus pete tanpa di kupas dari kulitnya agar tidak hancur.

Rebus pete hingga matang, lalu dinginkan sebelum di kupas dan di olah jadi masakan. Biasanya, pete rebus memiliki rasa yang lebih nikmat saat di olah menjadi sambal.

Namun, pastikan meniriskannya dengan baik sebelum di campur dengan sambal agar tidak ada air yang tersisa. Ini bisa jadi solusi buat kamu penggemar sambal pete tanpa takut bau mulut.

4. Goreng biji pete hingga layu

Selain di rebus, cara olah pete jadi lalapan agar tidak bau bisa juga dengan di goreng. Kamu bisa menggoreng pete hingga matang tanpa mengupas kulitnya. Pastikan menggoreng dengan api kompor kecil dan sedikit minyak goreng.

Jika pete sudah matang, angkat dan tiriskan. Bau menyengat pete akan jadi lebih tersamarkan setelah di goreng. Selain itu, tekstur pete juga akan jadi lebih empuk dan gurih.

Baca Juga:Dengan Layar 120Hz Buat Kamu Nyaman Main Game: Rekomendasi 5 HP POCO Termurah dengan Layar 120Hz, Gaming Gear AndalanSama-Sama Mempunyai Skor Tertinggi: Ini Skor Benchmark Exynos 2400 dan Snapdragon 8 Gen 3, Pilih Mana?

5. Bakar pete dengan kulitnya

Opsi lainnya, kamu juga bisa membakar pete bersama kulitnya sebelum di olah. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau menyengat dari pete mentah. 

Untuk membakar pete tidaklah sulit. Pete tidak harus di bakar di atas tungku arang karena kamu juga bisa membakarnya di atas kompor.

Kamu bisa membakarnya selama kurang lebih 10 menit agar aroma smokey-nya keluar. Setelah di bakar, pete bisa langsung di makan sebagai lalapan maupun di olah dengan tambahan bahan lainnya.

Itulah beberapa cara olah pete jadi lalapan yang bisa kamu coba di rumah.

0 Komentar