Keyboard Apa yang Paling Tepat Buat Kamu: 5 Tips Memilih Keyboard Sesuai Kebutuhan

Keyboard Apa yang Paling Tepat Buat Kamu: 5 Tips Memilih Keyboard Sesuai Kebutuhan
memilih keyboard: eraspace.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Salah satu perangkat keras yang sangat penting untuk mendukung aktivitas Anda, baik di tempat kerja maupun di sekolah, adalah keyboard. Tidak hanya pengguna komputer desktop, tetapi juga mereka yang menggunakan laptop dan lebih suka menggunakan keyboard eksternal.

Pemilihan keyboard yang tepat sangat personal dan di sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Berikut ini beberapa aspek yang perlu di pertimbangkan dalam memilih keyboard yang sesuai untuk kegiatan.

1. Sesuaikan dengan jenis pekerjaan

Setiap pekerjaan membutuhkan keyboard yang berbeda-beda. Misalnya, jika kamu suka bekerja dengan banyak angka, pastikan keyboard kamu memiliki numeric keypad atau tombol khusus untuk angka. Keypad numeric ini pasti akan memudahkan pekerjaan kamu.

Baca Juga:Inilah Daftar HP Xiaomi dan POCO yang Terima Update HyperOSDengan Layar Mulus Enak Dipakai untuk Daily Driver: 5 HP Samsung Terbaru dengan Layar 90Hz, Murah Berkualitas!

Berbeda dengan kalian yang berprofesi sebagai gamer profesional, sebaiknya kalian memilih jenis keyboard gaming karena jenis keyboard tersebut sudah di lengkapi dengan keypad khusus yang di gunakan untuk bermain game. Untuk kalian yang memiliki pekerjaan sebagai penulis, penting untuk memilih jenis keyboard ergonomis atau memiliki profil yang rendah dan memberikan kenyamanan pada jari serta pergelangan tangan kalian.

2. Jenis keyboard switches

Keyboard switches memiliki jenis yang berbeda-beda. Masing-masing switches memberikan sensasi yang berbeda ketika di tekan. Jenis switches menentukan responsifitas, tenaga yang di perlukan untuk menekan huruf dan seberapa jauh jarak antar huruf.

Beberapa jenis switch adalah scissor, silicone dome, dan mechanical. Switch dome memiliki karakteristik jarak jauh antara keypad dan lebih presisi, tidak terlalu berisik, dan membutuhkan lebih sedikit tenaga untuk menekannya.

Banyak orang menggunakan switch scissor ini pada laptop dan keyboard berprofil rendah. Berbeda dengan dua switch sebelumnya, switch mekanis ini lebih mudah di sesuaikan karena dapat mengubah tekanan dan kekerasan suara.

Switches ini biasanya menjadi favorit para gamer di karenakan responsivitasnya yang sangat baik dan menghasilkan hasil ketikan yang akurat. Jenis keyboard ini biasanya berada pada rentang harga yang lebih tinggi.

3. Desain keyboard

Secara umum, desain keyboard dapat di bedakan menjadi keyboard standar, gaming, dan ergonomis. Desain keyboard ini sebaiknya di sesuiakan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Sementara keyboard standar biasanya memiliki 104 tombol, keyboard gaming biasanya memiliki tombol multimedia. Keyboard ergonomis biasanya di rancang untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman saat mengetik dan mengurangi rasa sakit di pergelangan tangan saat mengetik terlalu banyak.

Baca Juga:Tidak Perlu Ribet Mencari Loyang Khusus Martabak: Inilah Resep Bikin Martabak Manis Teflon Bisa Langsung Dimakan Tanpa Takut Bau Mulut: Inilah Cara Olah Pete Jadi Lalapan agar Tidak Bau, Makin Nikmat!

Layout dari keyboard juga penting untuk dipertimbangkan karena tidak semua keyboard memiliki susunan huruf dan penempatan tombol multimedia yang sama. Pilihlah layout yang sesuai dengan selera dan kenyamanan masing-masing.

4. Jenis konektivitas

Sekarang ada banyak jenis konektivitas keyboard. Keyboard dengan kabel dan keyboard tanpa kabel biasanya di bedakan. Pilihan antara keduanya di dasarkan pada tujuan penggunaan dan preferensi pengguna.

Keyboard tanpa kabel secara estetik akan lebih rapi dan biasanya juga mudah di sambungkan pada smartphone maupun tablet. Namun, jenis keyboard ini memiliki kelemahan seperti harus di isi daya secara berkala dan terkadang terdapat jeda antara waktu mengetik dan huruf muncul pada layar.

Gamer mungkin tidak menyukai keyboard tanpa kabel karena mereka berisiko mengalami jeda, tetapi keyboard dengan kabel tampak lebih rapi dan kuno. Namun, keyboard ini biasanya tidak menimbulkan jeda, sehingga masih menjadi pilihan yang baik untuk mereka.

5. Harga

Aspek terakhir yang perlu di pertimbangkan adalah harga. Carilah keyboard dengan spesifikasi sesuai kebutuhan dan selera yang masih sesuai dengan dana yang kalian siapkan. Bandingkan beberapa merk dengan spesifikasi serupa dan pilihlah keyboard yang paling tepat sesuai harga yang kalian cari.

Ternyata membeli keyboard bukan perkara yang sederhana, perlu pemikiran yang matang sebelum menentukan keyboard yang akan kalian masukkan dalam keranjang belanja. Tips di atas dapat memberikan kalian gambaran agar kalian tidak salah untuk membeli keyboard.

0 Komentar