Apakah Benar Gen Z Memiliki Mental yang Lemah? Yuk, Mengenal Mental Illness yang Menjadi Perhatian Khusus Saat ini

(Photo by Sydney Sims on Unsplash)
(Photo by Sydney Sims on Unsplash)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Pasti kamu sudah sering mendengar istilah mental Illness yang sedang marak berseliweran di media sosial. Mengenal Mental illness atau yang biasa di sebut juga gangguan kesehatan mental. Hal tersebut mengacu kepada berbagai kondisi yang memengaruhi pikiran, perasaan, suasana hati, atau perilaku seseorang.

Ada banyak jenis dari Mental illness yang bisa kamu ketahui. Masing-masing jenisnya memiliki gejala yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya. Sebetulnya penyebab dari mental illness pun belum di ketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Yuk, mengenal jenis-jenis Mental Illness.

Jenis-Jenis Mental Illness

1. Gangguan Kecemasan

Pertama ada gangguan kecemasan yang merupakan salah satu jenis mental illness yang paling umum terjadi. Gangguan ini bisa membuat penderitanya merasa takut, cemas berlebihan, atau terancam saat berhadapan dengan objek atau situasi tertentu.

Baca Juga:Rasa Nyeri di Perut Jangan Dibiarkan! Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi Bisa Dilakukan : Ada Hal yang Harus DiperhatikanBukan Hanya Spaghetti dan Pizza, Berikut Rekomendasi Makanan Khas Italia yang Populer di Indonesia : Adakah Makanan Kesukaan Kamu?

2. ADHD

Attention-deficit/hyperactivity disorder atau biasa di sebut (ADHD) adalah jenis mental illness yang paling banyak terjadi pada anak-anak dan bisa berlanjut hingga mereka dewasa. Bagi mereka yang mengidap ADHD biasanya cenderung hiperaktif dan memiliki kesulitan dalam mempertahankan fokus pada suatu hal.

3. Gangguan Stres Pascatrauma

Berikutnya ada gangguan stres pascatrauma yang terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis, seperti pelecehan, perang, bencana alam, atau kecelakan yang serius. Hal ini bisa membuat penderitanya terus menerus merasa takut dan stres karena terbayang-bayang suatu peristiwa traumatis.

4. Skizofrenia

Jenis yang lainnya ada Skizofrenia terjadi saat penderitanya tidak mampu membedakan kenyataan dan pikirannya sendiri. Bahkan, bisa menyebabkan penderitanya mengalami pemikiran yang tidak realistis, halusinasi, dan perubahan perilaku.

5. Depresi

Depresi menjadi jenis mental yang sering terjadi. Selain itu, Depresi di klasifikasikan sebagai gangguan mood yang bisa menyebabkan gejala, seperti perasaan sedih yang berlarut-larut, putus asa, bahkan bunuh diri.

Gejala Mental Illness

  • Perasaan sedih berkepanjangan
  • Sulit untuk berpikir atau berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi
  • Ketakutan, kekhawatiran, atau rasa bersalah yang berlebihan
  • Perubahan suasana hati yang ekstrem
  • Menjadi Anti sosial
  • Lelah yang berkepanjangan
  • Poal tidur yang berubah
  • Sulit memahami situasi atau orang lain
  • Perubahan kebiasaan makan
  • Kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang
  • Bahkan ada tindakan untuk bunuh diri

***

0 Komentar