Wajib Share Ke Grup WA Keluargamu! Ini Dia Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

Sumber Foto:123rf
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tanaman daun sirih Cina ternyata ada manfaatnya. Daun ini memang sangat mudah di jumpai di wilayah Indonesia. Apa saja manfaatnya?

Sirih Cina merupakan tanaman yang mempunyai nama latin Peperomia pellucida. Tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini biasa digunakan sebagai terapi karena sifat antiinflamasi, kemoterapi, dan analgesiknya.

1. Obat Jamur Alami

Manfaat sirih cina yang pertama adalah sebagai antijamur. Kandungan antijamur pada daun ini terbukti efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Jadi ramuan daun sirih cina bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit akibat jamur.

Baca Juga:Sudah Tahu Belum Nih? Ternyata Ini Dia Manfaat Susu Kambing Untuk KesehatanMenghangatkan Tubuh Saat Hujan ! Inilah Manfaat Teh Jahe Untuk Anda

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun sirih cina lainnya adalah menjaga sistem pencernaan, terutama pada penderita maag. Menurut beberapa penelitian, ekstrak rebusannya dapat mencegah kerusakan pada lapisan lambung. Mukosa lambung adalah lapisan mukosa yang mengandung kelenjar dan bukaan lambung. Air rebusan daun sirih konon bisa menjadi obat alami bagi penderita gangguan lambung.

3. Obat Anti-Inflamasi

Salah satu manfaat lainnya adalah dapat digunakan sebagai anti inflamasi atau anti inflamasi.Ekstrak daun sirih cina mempunyai sifat anti inflamasi sehingga cocok digunakan untuk meredakan gejala peradangan seperti kemerahan, panas dan bengkak pada kulit.

4. Obat Arthritis Rheumatoid

Khasiatnya tidak hanya sampai situ saja. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan ramuannya untuk mengobati penyakit rheumatoid arthritis. Daun dan batang sirih cina dapat di buat menjadi jus untuk di minum setiap pagi dan sore hari.

Namun dosisnya tetap perlu di sesuaikan untuk menghindari efek samping yang berlebihan karena ramuan ini cukup ampuh. Jadi bila Anda tidak terlalu yakin, sebaiknya periksakan kondisi Anda ke dokter ya?

5. Obat Jerawat Alami

Karena sifat anti inflamasinya, juga bermanfaat sebagai obat jerawat alami. Jerawat biasanya di sebabkan oleh peradangan di bawah kulit dan interaksi dengan bakteri. Pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan mengoleskan ekstrak daunnya pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama kurang lebih setengah jam lalu bilas dengan air bersih. Ulangi sampai jerawatnya terkuras..

0 Komentar