Punya Koleksi Buku yang Lama-lama Berubah Warna Jadi Kuning? Ternyata Ini Penyebab Buku Menguning

Penyebab Buku Menguning (Shutterstock/ Live Science)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi yang senang membaca, tentunya akan senang mengoleksi buku. Pasalnya, buku merupakan sebuah bacaan favorit yang dapat memberikan banyak pengetahuan. Namun saat mengoleksi buku, ada beberapa hal yang dapat terjadi yakni buku menjadi menguning, apa penyebab hal itu terjadi? Berikut selengkapnya.

Kurang Menjaga Kebersihan Rak Buku

Bagi kolektor buku, maka tentunya akan mempunyai tempat penyimpanan berupa rak. Apalagi, jika jumlah buku yang di miliki sangat banyak, maka rak dapat menjadi tempat yang baik untuk menyimpannya agar terlihat rapi.

Namun ada hal yang perlu di ketahui. Jika rak jarang di bersihkan, maka bisa menyebabkan menguningnya buku. Hal ini lantaran paparan dari polutan udara yang membuat terjadinya proses oksidasi sehingga buku berubah menjadi warna kuning.

Baca Juga:Ketahui Harga Emas Antam 27 Januari 2024, Kembali Alami Kenaikan, Kini Harga Satu Gram Menjadi 1,132 JutaSemifinal Indonesia Masters 2024 : Leo/Daniel Bertemu Fajar/Rian

Selain itu, kondisi rak yang lembab juga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Jika hal itu terjadi, maka jamur dapat merusak buku yang akan mengakibatkan timbulnya noda kuning pada setiap lembarannya. Untuk itu, penting dalam menjaga kebersihan rak agar tidak terjadi hal tersebut.

Umur Buku Sudah Lama

Tanpa di sadari, umur buku yang sudah lama juga menjadi penyebab buku menguning. Maka, ketika sudah memiliki koleksi buku yang sudah lama, perhatikan penyimpanannya dengan baik dan benar agar kualitasnya tetap terjaga.

Kualitas dari Kertas

Kualitas dari kertas pada buku juga dapat mempengaruhi terjadinya hal tersebut. Seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan warna kertas akan berubah menjadi kuning dan bisa jadi terpengaruh dengan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Pada dasarnya, buku yang berubah menjadi kuning karena adanya peristiwa oksidasi. Pada kertas, mempunyai komponen tertentu yang jika terkena dengan udara, maka akan membuatnya berubah menjadi kuning.

Pasalnya, kertas merupakan benda yang terbuat dari batang pohon dimana di dalamnya terkandung selulosa dan lignin. Konon, lignin dan sebagian selulosa rentan terhadap peristiwa oksidasi dan hal tersebut membuat berubahnya struktur polimer. Maka penting untuk mengurangi paparan oksigen dan cahaya matahari yang menjadi penyebab buku menjadi menguning.

0 Komentar