Simak Cara Merawat Buku Agar Koleksi Bukumu Tetap Terjaga Kualitasnya

Cara Merawat Buku (Radar Banyumas Disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Cara merawat buku perlu di ketahui bagi kolektor buku. Pasalnya, buku akan menjadi sebuah aset berharga, apalagi bagi seorang kolektor buku. Maka jika merawatnya dengan benar, buku akan bertahan lama dan kualitasnya tetap terjaga.

Tak bisa di hindari, masalahnya yang sering terjadi pada buku yakni kertas yang tiba-tiba berubah menguning. Hal tersebut sangat mungkin terjadi terutama jika penyimpannya tidak di perhatikan dengan benar.

Belum lagi bagian sampul yang terkelupas ataupun lembar halamannya yang kotor hingga terlipat. Jika tak ingin terjadi pada bukumu, maka lakukan langkah-langkah ini agar buku milikmu tetap terawat dan terjaga kualitasnya. Berikut beberapa langkah yang bisa di lakukan.

Baca Juga:Punya Koleksi Buku yang Lama-lama Berubah Warna Jadi Kuning? Ternyata Ini Penyebab Buku MenguningKetahui Harga Emas Antam 27 Januari 2024, Kembali Alami Kenaikan, Kini Harga Satu Gram Menjadi 1,132 Juta

1. Perhatikan dan Bersihkan Tempat Penyimpanan

Cara merawat buku yang pertama yakni perhatikan tempat dalam menyimpan buku. Simpan buku dengan kondisi yang tidak lembab dan suhunya yang ideal agar tidak menimbulkan tumbuhnya jamur. Kemudian, jangan lupa untuk membersihkannya secara berkala.

2. Beri Sampul dan Silica Gel

Berikutnya, beri sampul pada bagian luar buku agar tetap bersih. Bisa gunakan sampul plastik bening dengan ukuran yang tebal dan tidak lengket, agar bisa menjaga bagian luar buku. Kemudian, beri silica gel pada tempat penyimpanan agar bisa menetralisir kelembaban pada buku.

3. Perhatikan Cara Meletakkan dan Memperlakukan Buku

Lalu, simpan buku dengan posisi berdiri sehingga dapat mencegah terjadinya kelembaban. Kelembaban pada buku bisa di dapat lantaran menyimpannya dengan posisi menumpuk sehingga akan berdampak pada tumbuhnya jamur yang menyebabkan kerusakan pada buku. Kemudian, usahakan untuk tidak melipat buku dengan cara menggunakan pembatas buku.

Itulah beberapa cara yang bisa di lakukan dalam merawat buku.

0 Komentar