Selain Hasilkan Rona Biru yang Menawan, Bunga Telang Mempunyai Banyak Manfaat

Bunga Telang (Istimewa/ Radar Jabar)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVBunga telang merupakan jenis edible flower atau bunga yang bisa di makan dengan segudang manfaat. Pada bagian kelopaknya, nampak warnanya yang cantik. Namun selain cantik, kaya akan kandungan antioksidan dan berguna untuk mengendalikan kesehatan tubuh.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaatnya. Misalnya dapat berguna untuk penurunan berat badan, pengendalian gula darah, serta kesehatan rambut dan kulit. Selain berguna untuk mengendalikan kesehatan tubuh, edible flower ini juga mempunyai manfaat lainnya.

Untuk makanan atau minuman, edible flower ini dapat berguna sebagai pewarna alami. Bagian bunganya biasa di seduh menjadi teh herbal, sering kali di campur dengan bahan-bahan seperti serai, madu, dan lemon. Konon, warna biru yang di hasilkan, berasal dari antosianin yang merupakan senyawa antioksidan yang bertanggung jawab atas warna uniknya.

Baca Juga:Bukan Hanya Cantik, Tapi Bisa Dimakan! Ketahui Berbagai Jenis Edible FlowerMengenal Edible Flower : Memiliki Banyak Kegunaan Mulai dari Dekorasi Hingga Bisa Dimakan

Bunga Telang atau Clitoria ternatea

Bunga ini memiliki nama latin Clitoria ternatea atau dalam bahasa Inggris disebut Butterfly pea. Memiliki julukan tersebut lantaran bentuknya yang menyerupai kupu-kupu. Sementara untuk warnanya, terlihat berwarna biru cerah yang nampak mencolok. Dengan warnanya tersebut, jenis edible flower ini biasa di manfaatkan untuk estetika.

Warna biru yang terlihat berasal dari antosianin yang juga merupakan senyawa antioksidan. Pemanfaatan warna biru yang terkandung di dalamnya, biasa di gunakan untuk pewarna alami pada makanan dan minuman seperti teh bunga telang, puding bunga telang dan lainnya. Dalam dunia kesehatan, telang juga di gunakan untuk berbagai hal.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga telang dan senyawa yang terkandung di dalamnya, dapat membantu mendukung kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan penurunan berat badan, dan menstabilkan kadar gula darah. Namun di balik manfaatnya, apakah memiliki efek samping?

Melansir Healthline, bunga telang umumnya dianggap aman bila digunakan dalam jumlah sedang. Meskipun belum ada penelitian mengenai efek sampingnya, beberapa orang telah melaporkan masalah seperti mual, sakit perut, dan diare.

0 Komentar