Memanfaatkan Edible Flower, Berikut Berbagai Olahan Bunga Telang yang Menyehatkan

Memanfaatkan Edible Flower, Berikut Berbagai Olahan Bunga Telang yang Menyehatkan
Olahan Bunga Telang (Foodaciously)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVBunga telang merupakan bunga yang dapat bisa di manfaatkan untuk menjadi berbagai olahan. Dengan warna birunya yang cantik, tak heran jika bunga ini kerap di gunakan dalam dunia kuliner. Adapun jenis olahan yang di maksud yakni berupa minuman menyegarkan dengan warna biru yang cantik.

Namun, tak jarang, bunga ini juga dapat di olah menjadi sebuah makanan yang sederhana. Warna alami yang di hasilkan, menjadi sebuah alternatif bagi pembuat makanan atau minuman karena tergolong aman dan mempunyai manfaat.

Adapun manfaat yang terkandung yakni memiliki kandungan senyawa antioksidan. Konon, bunga ini juga bisa di jadikan sebagai obat herbal alami yang dapat berguna untuk menangkal berbagai penyakit. Seperti berbagai penyakit kanker dan hati.

Baca Juga:Selain Hasilkan Rona Biru yang Menawan, Bunga Telang Mempunyai Banyak ManfaatBukan Hanya Cantik, Tapi Bisa Dimakan! Ketahui Berbagai Jenis Edible Flower

Olahan Bunga Telang

Ada beragam jenis olahan yang bisa di manfaatkan dari bunga dengan nama latin Clitoria ternatea ini. Berikut beberapa contohnya.

Teh – Jika minuman teh biasanya menggunakan daun teh, maka berbeda dengan yang satu ini. Dengan memanfaatkan sekuntum bunga telang segar atau kering yang di seduh dengan air panas dan di campur dengan pemanis, bisa menjadi sebuah minuman teh segar yang menyehatkan.

Limun – Hampir sama seperti membuat teh, hanya saja gunakan lemon untuk membuat rasanya segar dan asam. Lalu bisa tambahkan es secukupnya karena akan terasa nikmat jika di minum saat kondisi dingin.

Susu – Minuman dalam bentuk susu juga bisa di buat dengan memanfaatkan bunga telang agar menghasilkan warna yang cantik. Cukup siapkan susu cair serta air mendidih untuk melarutkan bunga telang dan gula. Kemudian campurkan semuanya dan bisa tambahkan topping diatasnya.

Puding – Selain bisa untuk minuman, bisa juga untuk membuat makanan berupa pudding. Agar bisa menghasilkan perpaduan warna yang cantik, maka gunakan bubuk pudding dengan warna plain.

Dadar gulung – Jika dadar gulung biasanya berwarna hijau, maka kali ini buat olahan dadar gulung dari bunga telang yang akan menghasilkan warna biru keunguan. Hampir sama seperti membuat dadar gulung pada umumnya, namun pewarnanya hanya di ganti menggunakan bunga telang untuk bagian kulitnya.

0 Komentar