Menggiurkan! Inilah Daftar Makanan Khas Bandung, Mulai dari Camilan Hingga Makanan Berat

Menggiurkan! Inilah Daftar Makanan Khas Bandung, Mulai dari Camilan Hingga Makanan Berat
Foto: Instagram @miecepay/ Jabar Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bandung di kenal sebagai kota dengan banyak tempat wisata yang menarik. Namun selain tempat wisata, Bandung juga memiliki beragam makanan khas yang bisa di jadikan opsi wisata kuliner bagi wisatawan.

Kuliner yang beragam bukan hanya sekedar makanan berat atau makanan utama saja. Namun juga dalam bentuk makanan ringan atau camilan dengan rasa yang menggiurkan. Maka akan sayang untuk di lewatkan jika tak mencicipinya, apalagi jika sedang berada di Bandung.

Untuk itu, simak daftar kuliner apa saja yang wajib di coba saat sedang berada di Bandung. Jangan lupa, catat daftar kuliner apa saja yang ingin di coba agar tak ketinggalan untuk mencobanya. Berikut, daftarnya.

Baca Juga:Inilah Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Perlu Kamu Coba, Rasanya Ngangenin!Jaga Kesehatan Pencernaanmu! 7 Makanan Tinggi Serat Ini Dapat Membantu Agar Kesehatan Pencernaanmu Terjaga

Daftar Makanan Khas Bandung

1. Batagor

Batagor atau merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini, merupakan salah satu kuliner yang sudah tersebar ke berbagai wilayah selain Bandung. Makanan ini di buat dengan menggunakan adonan ikan dan tepung kanji, di siram dengan menggunakan saus kacang serta perasan jeruk limau.

Namun batagor kini telah menjelma dalam bentuk batagor kuah, di samping batagor kering yang menggunakan saus kacang. Keduanya sama-sama mempunyai cita rasa yang enak, namun untuk batagor kuah, jadi santapan yang pas dinikmati saat sedang dingin atau hujan.

2. Surabi

Jajanan tradisional Bandung ini merupakan salah satu kuliner lezat yang terbuat dari tepung beras dan santan yang di bakar di atas kayu. Dengan pembuatannya tersebut, surabi akan menghasilkan tekstur yang lembut pada bagian atasnya namun gosong di bagian bawahnya.

Salah satu jenis surabi yang sudah ada sejak lama yakni surabi kinca. Surabi kinca merupakan surabi manis dengan tambahan saus atau cairan gula merah. Namun kini surabi di inovasi menggunakan berbagai topping yang menggugah selera. Rasanya yang unik dan gurih, membuat surabi di sukai banyak orang.

3. Aneka Aci

Berbagai makanan yang terbuat dari aci juga menjadi opsi makanan khas Bandung lainnya. Seperti cimol atau aci di gemol, cireng atau aci di goreng, dan lainnya. Keduanya memiliki tekstur yang hampir mirip yakni kenyal karena sama-sama di buat dari tepung kanji.

4. Seblak

Pecinta makanan pedas dan gurih, pastinya sudah tidak asing dengan seblak. Seblak merupakan makanan yang di racik dengan menggunakan bumbu rempah yang mempunyai rasa kencur yang kuat. Lalu berisi berbagai isian seperti telur, kerupuk basah, mie, dan lainnya.

5. Bandros

Mirip seperti surabi, bandros merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung beras dengan santan kelapa yang di masak pada cetakan cekung. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut, namun garing di bagian luarnya.

Baca Juga:8 Makanan yang Pas Disantap Saat Hujan, Cocok untuk Menghangatkan BadanLagi Kepengen Wisata Kuliner di Cirebon? Ini, 7 Makanan Khas dari Cirebon yang Wajib Dicoba

6. Mie Kocok

Mie kocok merupakan makanan lintas generasi yang bisa di nikmati oleh berbagai kalangan umur, baik muda maupun tua. Makanan ini bisa di temukan di berbagai daerah, meskipun asalnya dari Bandung, Jawa Barat.

Makanan khas Bandung yang bernama mie kocok ini, rupanya memiliki sedikit cerita. Penamaan “kocok” rupanya karena merujuk kepada proses memasaknya, yaitu mengocok-ngocok mi dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, seraya mencelupkannya ke dalam air panas. 

7. Soto Bandung

Seperti soto pada umumnya, soto Bandung juga menggunakan daging sapi yang biasa di temukan pada jenis soto lainnya. Hanya saja, soto Bandung menggunakan bahan utama berupa daging sapi haas, terdapat potongan lobak, taburan bawang goreng, dan kacang kedelai dengan kuah yang bening.

Namun selain makanan di atas, ada juga makanan lainnya. Misalnya peuyeum, siomay, combro, misro, gehu, dan lain-lain.

0 Komentar