Inilah 5 Daftar Jajanan Kaki Lima Terbaik di Dunia, 3 Diantaranya Ada Makanan Indonesia!

Inilah 5 Daftar Jajanan Kaki Lima Terbaik di Dunia, 3 Diantaranya Ada Makanan Indonesia!
Makanan Kaki Lima Terbaik di Dunia (liputan 6/ Radar Banyumas)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Street food atau bisa di katakan sebagai makanan kaki lima, menjadi salah satu panganan yang cukup banyak di cari. Pasalnya, makanan tersebut mudah untuk di temui dan biasanya harganya terjangkau. Dari semua makanan kaki lima, ada beberapa makanan yang termasuk jajanan street food terbaik di dunia versi Taste Atlas. Untuk mengetahui, berikut selengkapnya.

1. Siomay

Siapa sangka jika makanan Indonesia masuk ke dalam daftar jajanan street food terbai versi Taste Atlas? Siomay bukan suatu makanan baru karena telah di kenal sejak lama. Bahkan hingga kini, siomay masih menjadi hidangan yang banyak di sukai.

Jajanan ini terbuat dari bahan dasar berupa ikan yang di campur dengan tepung. Lalu di tambah dengan pelengkap lainnya seperti telur rebus, kentang rebus, kol rebus, tahu rebus, dan pare rebus. Kemudian di siram dengan menggunakan saus kacang yang di tambah kecap manis, bisa juga di tambah dengan sambal dan perasan jeruk nipis.

Baca Juga:Cara Membuat Siomay Dos: Kreasi Makanan Kaki Lima Tanpa Menggunakan IkanWah, 4 Makanan Indonesia Ini Masuk ke Dalam Kategori Jajanan Kaki Lima Terbaik di Dunia! Salah Satunya Siomay

2. Pastel de Nata

Selanjutnya ada pastel de nata. Pastel de nata merupakan kue tart puding telur tradisional Portugis yang populer di seluruh dunia. Agar mendapatkan hasil terbaik, maka bagian isiannya tidak boleh terlalu manis dan tidak ada rasa lemon atau vanilla.

Maka, kue tart ini harus di beri taburan berupa kayu manis dan biasanya menjadi ‘teman’ secangkir kopi. Melansir dari Taste Atlas mengenai bahan-bahan yang di gunakan, pastel de nata di buat dari bahan-bahan seperti tepung, gula, susu, mentega, kayu manis, telur, dan garam.

3. Batagor

Makanan kaki lima terbaik di dunia versi Taste Atlas selanjutnya yakni batagor. Batagor merupakan pangsit ikan goreng yang di sajikan dengan menggunakan saus kacang dan kecap. Tak jarang, ada yang menambahkan sambal dan sedikit perasan jeruk nipis ke dalamnya.

Secara penyajian, hampir mirip seperti siomay. Hanya saja, batagor di sajikan dalam bentuk yang sudah di goreng. Tak seperti siomay yang biasanya di sajikan dalam bentuk yang di kukus. Selain memiliki rasa yang lezat, batagor termasuk ke dalam salah satu jajanan yang terkenal di Indonesia.

4. Roti Canai

Roti canai merupakan kudapan yang mudah di temui di Malaysia. Kudapan ini merupakan roti pipih goreng tradisional yang di buat dengan menggunakan berbagai bahan. Seperti tepung, air, telur, dan bahan lainnya.

Untuk membuatnya, roti canai di lipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah. Biasanya, roti canai di makan dengan tangan yang di dampingi dengan berbagai hidangan seperti daging kari, sayur kari atau sambal.

5. Pempek

Selanjutnya ada pempek. Pempek merupakan jajanan yang terkenal di Indonesia dan berasal dari Palembang, Sumatra Selatan. Pempek disebut sebagai kue ikan tradisional Indonesia karena terbuat dari daging ikan giling dan di tambah dengan tepung tapioka.

Baca Juga:Catat! Inilah Daftar Makanan untuk Orang Sakit, Salah Satu Upaya untuk Membantu Pemulihan Lebih CepatSenang Masak? Intip Nih, Ide Usaha Makanan untuk Peluang Cuan yang Lebih Besar

Makanan ini, selain mudah di temui di pedagang kaki lima, namun juga termasuk ke dalam jajajan terbaik di dunia versi Taste Atlas. Pempek juga mempunyai banyak macam yang di buat dengan berbagai bentuk. Ada pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan dan lain-lain yang kemudian di siram dengan kuah cuko yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas.

0 Komentar