Resep dan Cara Membuat Roti Buaya Empuk Anti Gagal

Ilustrasi foto: @rotibuayajkt)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVRoti buaya adalah roti khas Betawi yang berbentuk buaya dan biasa digunakan untuk simbol upacara pernikahan atau khitanan. Makanan ini memiliki sejarah yang menarik, yaitu melambangkan kesetiaan dari hewan buaya yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidup.

Roti buaya adalah salah satu makanan khas Betawi yang unik dan menarik. Makanan ini berbentuk seperti buaya dan biasanya di sajikan saat acara pernikahan, khitanan, atau acara lainnya.

Roti buaya melambangkan kesetiaan dari hewan buaya yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Roti buaya juga memiliki makna harapan agar pasangan yang menikah atau anak yang khitan bisa hidup bahagia dan sejahtera.

Baca Juga:Hubungan Heru Dan Ketum PAN Zulhas Tetap Harmonis, Meski Beda Dukungan CapresRamalan Zodiak Scorpio: Sabtu 10 Februari 2024, Saat Ini Peluang Akan Muncul untuk Anda

Terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, yaitu tepung terigu, ragi, gula, telur, margarin, dan susu bubuk. Roti buaya biasanya tidak memiliki isian, tetapi sekarang banyak variasi rasa dan tekstur yang bisa di coba, seperti isian cokelat, keju, selai, atau bahkan pizza. Roti buaya memiliki tekstur yang empuk dan manis, serta rasa yang gurih dari margarin.

Cara membuat roti buaya juga tidak terlalu sulit, tetapi membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam membentuk roti.

Berikut adalah resep langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat roti buaya:

1. Campurkan ragi dan air dalam sebuah wadah, aduk hingga larut. Tambahkan telur dan aduk rata.

2. Masukkan tepung terigu, gula, margarin, dan susu bubuk. Aduk rata dan uleni hingga adonan kalis dan halus. Uleni selama kurang lebih 30 menit.

3. Diamkan adonan selama satu jam hingga mengembang. Tutupi adonan dengan kain atau plastik wrap agar tidak kering.

4. Bagi adonan menjadi lima bagian, yaitu satu bagian untuk badan dan kepala buaya, dan empat bagian untuk kaki buaya. Jika ingin membuat roti buaya dengan isian, pipihkan adonan dengan rolling pin dan beri isian sesuai selera. Lipat dan gulung kembali adonan menjadi bentuk tabung atau silinder.

5. Satukan semua bagian adonan dan bentuk menjadi buaya dengan menggunakan tangan. Buat sisik-sisik kulit buaya dengan menggunakan ujung gunting. Buat juga mata, mulut, dan gigi buaya dengan menggunakan adonan yang tersisa.

Baca Juga:Ramalan Zodiak Libra: Sabtu 10 Februari 2024, Peristiwa Tak Terduga Berpeluang Besar Akan TerjadiRamalan Zodiak Virgo: Sabtu 10 Februari 2024, Waktu yang Tepat Rencanakan Acara Romantis Bersama Keluarga dan Teman

6. Letakkan roti buaya di atas loyang yang sudah di olesi margarin. Diamkan lagi selama 15 menit hingga mengembang kembali.

7. Olesi permukaan roti buaya dengan campuran kuning telur dan air. Panggang roti buaya dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25 menit atau hingga matang dan kecoklatan.

8. Angkat roti buaya dari oven dan hias sesuai selera. Roti buaya siap di sajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Demikian artikel tentang resep dan cara membuat roti buaya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. ***

0 Komentar