Wow! Ternyata Ini Manfaat Mempunyai Tanaman Hias di Dalam Rumah, Bisa Mengurangi Stres Loh!

Tanaman hias
Manfaat Tanaman Hias di Dalam Ruangan (Kulbir/pexels)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Menaruh tanaman hias di dalam rumah, rupanya dapat memberi manfaat bagi pemilik rumah. Hal yang mungkin akan paling disadari yakni suasana akan menjadi lebih segar karena tanaman dapat menciptakan lingkungan yang asri.

Pasalnya, tanaman hias dengan warnanya yang dominan hijau, dapat menjadi elemen dekorasi dengan efeknya yang memberi kesegaran. Tentunya ruangan akan menjadi berbeda dari biasanya, setelah ditambahkan dengan berbagai jenis tanaman hias.

Namun tidak semua jenis tanaman hias dapat disimpan dalam rumah. Adapun beberapa contohnya yakni spider plant, bunga peace lily, palem kuning, pakis, sirih gading, dan masih banyak lagi. Dengan jenis-jenis tanaman hias tersebut, maka dapat menjadi sebuah solusi bagi yang ingin bertanam namun tak punya lahan.

Baca Juga:Macam-macam Tanaman Hias di Dalam Rumah, Solusi Jitu untuk yang Tak Punya Banyak Lahan di Luar RumahMengupas Kecanggihan Chery Omoda 5: Banyak Fitur Canggih yang Memudahkan Saat Berkendara

Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

Memiliki tanaman hias di dalam rumah, memang dapat memberikan kesegaran pada ruangan dan tentunya dapat mempercantik ruangan. Namun selain alasan itu, rupanya ada manfaat lainnya yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut beberapa manfaat dari memiliki tanaman hias di dalam rumah.

1. Dapat Mengurangi Stres

Jika tak sempat untuk keluar rumah mencari hiburan untuk menghilangkan stres, maka tak ada salahnya untuk menyimpan tanaman hias di dalam rumah. Mengapa? Tanaman hias rupanya dapat memberikan efek dalam kesehatan fisik dan mental. Terdapat studi yang mengatakan jika seseorang dewasa muda yang berinteraksi dengan tanaman, dapat membantu untuk mengurangi stres. 

2. Menangkal Polusi Udara

Manfaat lainnya yakni dapat menangkal polusi udara dan penyaring alami. Terdapat penelitian yang menunjukkan jika tanaman yang berada di dalam rumah, dapat menjadi pembersih udara alami pada semua bagian. Baik pada akarnya maupun pada daunnya.

Untuk mendapatkan efek ini, maka bisa menyimpan berbagai jenis tanaman, bisa 2-3 jenis tanaman di dalam rumah. Adapun beberapa jenis tanaman yang dapat memberikan efek ini misalnya tanaman lidah mertua, lady palm, peace lily, dan lain-lain.

3. Menjadi Aromaterapi Hingga Mengusir Nyamuk

Tak perlu beli aromaterapi, karena ada jenis tanaman yang bisa menjadi aromaterapi sekaligus pengusir nyaman. Contohnya saja lavender. Lavender diketahui merupakan bahan dasar minyak aromaterapi yang menenangkan. Maka untuk mendapatkan efek aromaterapi, bisa tanam lavender di dalam rumah.

Selain menjadi aromaterapi, lavender juga bisa mengusir nyamuk lantaran wanginya yang tak disukai nyamuk. Jika memperhatikan obat nyamuk oles di pasaran, lavender menjadi salah satu bahan yang biasa dipakai untuk menjadi campurannya.

4. Meningkatkan Kadar Oksigen

Tanaman hias sama seperti jenis tanaman lainnya yakni melepaskan oksigen dan menyerap karbondioksida saat melakukan proses fotosintesis. Dengan hal tersebut, maka kadar oksigen yang ada di rumah dapat meningkat dan berefek baik pada pernapasan.

Baca Juga:Segini Harga Chery Omoda 5, SUV Crossover dengan Fitur Canggih dan Berkualitas TinggiChery Omoda 5: Mobil Mewah China dengan Tampilan Futuristik yang Menawan

5. Meningkatkan Fokus dan Ketenangan

Seseorang yang sering berinteraksi dengan alam, konon dapat meningkatkan fokus sehingga akan membuat oang tersebut dapat berpikir lebih jernih dan kreatif. Selain itu, tanaman hias juga dapat memberi ketenangan, terutama bagi pasien yang sedang sakit. Bagi seorang pasien yang dirawat di rumah sakit, maka tanaman yang disimpan pada jendelanya, dapat memberi efek tenang.

0 Komentar