Mampu Mengurangi Rasa Pahit, Begini Cara Masak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Daun pepaya
Cara Masak Daun Pepaya (Freepik/ RadarPekalongan)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Daun pepaya merupakan bagian dari tanaman buah pepaya yang bisa dimanfaatkan menjadi olahan makanan. Olahan makanan dari daun pepaya beragam, bisa diolah menjadi tumis daun pepaya, gulai daun pepaya, dan masih banyak lagi. Namun untuk mengolahnya, harus mengetahui cara masak daun pepaya dengan benar.

Daun pepaya dengan kandungan nutrisi yang tinggi, rupanya memiliki rasa pahit sehingga mungkin akan sedikit mengganggu. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena rasa pahit pada daun pepaya disebabkan karena kandungan alkaloid yakni alkaloid karpain.

Maka untuk membantu mengurangi rasa pahit yang terkandung pada daun pepaya, ada beberapa cara masak daun pepaya yang perlu diketahui. Namun salah satu cara mudah yang dapat dilakukan yakni dengan memilih daun pepaya yang masih muda dan berwarna hijau cerah sebagai upaya agar masakan tidak terasa pahit.

Baca Juga:Cara Mengatasi HP Lemot Agar Kinerjanya Kembali Normal, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?Jangan Buru-buru Beli, Simak Dulu Tips Memilih Mobil Keluarga yang Tepat Untukmu

Cara Masak Daun Pepaya

Selain memilih daun pepaya yang masih muda dan berwarna cerah, ada juga cara lainnya yang dapat dilakukan. Berikut beberapa caranya, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Agar rasa pahit pada daun pepaya bisa berkurang, maka caranya yakni dengan merebusnya. Sebelum direbus, daun pepaya direndam terlebih dulu dalam air garam selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, direbus dalam air mendidih selama 5-10 menit agar mengurangi rasa pahitnya.

Namun ada sumber lain yang mengatakan mengenai cara lain. Ada cara masak daun pepaya agar tidak pahit yakni dengan merebusnya menggunakan daun jambu biji. Caranya dengan menggunakan 4-5 helai daun jambu biji, bersihkan dan remas-remas. Kemudian campurkan dengan daun pepaya dan direbus sampai mendidih.

Bisa juga dengan menggunakan asam jawa. Asam jawa yang selama ini dikenal sebagai bumbu masak untuk membuat masakan terasa asam, rupanya memiliki kegunaan dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Caranya yakni dengan cara merebus daun pepaya dan asam jawa secara bersamaan. 

Bahkan cara lain yang mungkin sudah banyak orang tahu atau bisa jadi masih jarang diketahui yakni dengan menggunakan tanah liat atau lempung. Caranya, rebus keduanya secara bersamaan lalu bilas. Namun untuk merebusnya jangan sampai terlalu empuk.

Jika sudah direbus, maka daun pepaya bisa diolah menjadi sebuah masakan yang lezat. Jika ingin mengolahnya menjadi tumisan, maka bisa siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya.

 

0 Komentar