Biar Tidak Pahit, Simak Tips Memasak Daun Pepaya untuk Menetralisir Rasa Pahit yang Terkandung

Tips Memasak Daun Pepaya (JabarEkspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TVPepaya memiliki bagian pada tanamannya yang bisa di makan. Bukan hanya buahnya saja yang bisa di makan, namun juga bagian daunnya pun bisa di makan. Namun, dalam mengolahnya bagian daun pepaya, perlu ketahui tips memasak daunnya dengan benar.

Hal ini lantaran pada bagian daunnya memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit tersebut berasal dari kandungan alkaloid yaitu alkaloid karpain. Maka untuk membuatnya lebih ramah di lidah, pengolahan pada bagian daun pepaya harus di lakukan dengan metode yang tepat.

Walaupun memiliki rasa pahit, namun daun pepaya memiliki ‘sisi manis’ yang mungkin belum di ketahui. Di samping memiliki rasa yang pahit, bagian daunnya juga mengandung banyak nutrisi. Seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, protein, kalsium, karbohidrat, dan kandungan lainnya yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:Wow! Mulai dari Buah Pepaya Hingga Batangnya, Bisa Jadi Olahan Mustofa Sampai Jadi Santapan dengan Rasa yang ManisJangan Lewatkan Beragam Manfaat dari Pepaya, Segera Konsumsi Pepaya untuk Mendapatkan Hal yang Baik Bagi Kesehatan

Tips Memasak Daun Pepaya

Rendam dengan Air Garam dan Rebus – Teknik yang pertama yakni dengan cara merendamnya dalam air garam selama 30 menit sebelum di masak. Kemudian, rebus daun pepaya ke dalam air yang mendidih dalam waktu kurang lebih mencapai 10 menit. Namun jangan di rebus terlalu lama agar daun tidak lembek.

Rendam Hanya Menggunakan Garam – Tanpa di rendam dalam larutan garam, rupanya bisa menghilangkan rasa pahitnya. Caranya yakni dengan mencuci daunnya hingga bersih dan iris daun. Lalu, masukkan daun pepaya ke dalam sebuah wadah dan beri garam lalu remas hingga beberapa menit. Biarkan satu jam lalu cuci terlebih dahulu sebelum di masak.

Menggunakan Asam Jawa – Penggunaan asam jawa saat merebus daun pepaya, konon dapat berguna untuk menetralisir rasa pahit. Bukan hanya dapat mengurangi rasa pahit, namun juga dapat membuat aromanya lebih kuat.

Menggunakan Daun Jambu Biji – Tips memasak daun pepaya agar tidak terasa pahit yaitu dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya yaitu siapkan beberapa lembar daun jambu biji, kemudian cuci bersih dan remas daun jambu biji. Lalu rebus daun jambu biji dan daun pepaya selama beberapa menit.

0 Komentar