Pj Bupati Kunjungi Situs Bersejarah Di Cibulan – Video

Pj Bupati Kunjungi Situs Bersejarah Di Cibulan
0 Komentar

PJ Bupati Kuningan gencar melakukan inventarisasi dan sertifikasi situs-situs bersejarah untuk dirawat dan dilestarikan. Kuningan memiliki banyak situs bersejarah yang dapat dikembangkan untuk wisata religi dan edukasi. Salah satunya adalah beberapa situs di objek wisata Cibulan yang dijaga secara tradisional oleh para kuncen turun temurun. PJ Bupati memberikan surat tugas kepada 4 kuncen yang merawat sumur tujuh yang memiliki air melimpah, situs Batu Gajah, makam tokoh, dan kolam ikan dewa.

Para kuncen diharapkan dapat berkolaborasi untuk menghasilkan buku panduan berisi historis dan filosofi, serta melakukan kajian akademis sebagai bahan edukasi bagi pengunjung. Banyaknya situs di Kuningan membuktikan peradaban di Kuningan telah dimulai sejak era sebelum Masehi. Beberapa proses yang harus ditempuh meliputi inventarisasi data, kajian akademis, melakukan sertifikasi, dan diperkuat dengan keputusan Bupati.

SKPD terkait yang kini fokus dalam pendataan situs ini adalah Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Pariwisata Kuningan. Hadir dalam kegiatan bertema pelestarian situs ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kuningan Elon Carlan, KadisDikBud yang diwakili Kabid Kebudayaan Rioanto Permana, dan Camat Jalaksana.

Baca Juga:Dampak Longsor, Transportasi Umum Gunakan Jalan Alternatif – VideoPMI Bagikan 300 Paket Makanan Siap Saji – Video

Kedatangan PJ Bupati beserta rombongan disambut Direktur Cibulan Didi Sutardi. Rombongan juga menikmati wisata kuliner di Salung Lesehan Cibulan di akhir kegiatan.

0 Komentar