Waspada, BMKG Memperingkatkan Ada Potensi Banjir Rob Saat Periode Libur Lebaran 2024

banjir rob
BMKG Memperingatkan Akan Terjadi Banjir Rob Selama Periode Libur Lebaran 2024 (Ilustrasi/ Ist)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Lebaran 2024 tinggal menghitung hari sehingga bulan Ramadhan 2024 akan segera berakhir. Jika berdasarkan info yang didapatkan, lebaran 2024 diprediksi akan jatuh pada tanggal 10 April 2024. Maka pada jangka waktu mendekati tanggal 10 April 2024, akan menjadi momentum periode libur lebaran 2024.

Selama periode libur lebaran 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingkatkan jika akan ada potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia. Hal ini seperti yang dilansir dari laman Antara News.

Dikatakan oleh Ketua Tim Prediksi Meteorologi Maritim BMKG Furqon Alfahmi dalam jumpa pers di kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu, jika ada beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya banjir rob. Beberapa wilayah tersebut yakni pesisir Belawan dan sekitarnya, pesisir Bandar Lampung, pesisir Tanggamus, pesisir Lampung Selatan.

Baca Juga:Siap-siap War Tiket! Catat Jadwal Pembelian dan Harga Tiket Indonesia Open 2024Istora Senayan Akan Jadi Lokasi Penyelenggaraan Indonesia Open 2024, Apa Alasannya?

Selain wilayah yang telah disebutkan, ada beberapa wilayah lainnya yang juga berpotensi banjir rob. Beberapa wilayah lainnya yang dikabarkan akan terancam diantaranya yaitu pesisir Pesawaran, pesisir Lampung, pesisir Lampung Barat, pesisir Pandeglang, Kabupaten Lebak, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir Kota Waingapu, pesisir Kota Kendari, dan pesisir Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru.

Puncak banjir rob diprediksi akan terjadi pada tanggal 9 April 2024 dimana bertepatan dengan terjadinya gerhana matahari dan fase Bulan Perigee. Bulan akan berada pada titik terdekat dengan bumi yang dapat berpotensi meningkatnya pasang air laut. Sebelumnya, banjir rob pernah terjadi di pesisir Semarang. Banjir rob diprediksi akan berlangsung hingga 14 April 2024.

Selain diprediksi akan terjadi banjir rob, BMKG juga memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang terjadi pada periode libur lebaran di beberapa daerah. Beberapa daerah yang dimaksud diantaranya Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua.

0 Komentar