Fakta Menarik yang Perlu Diketahui! Inilah 5 Universitas Tertua di Amerika Serikat

universitas tertua di amerika
universitas tertua di amerika/truthout.org
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Amerika Serikat (AS) dikenal dengan sejarah yang kaya dan peluang besar untuk mewujudkan “The American Dream”. Jika kamu memimpikan pendidikan tinggi di AS, tentunya menarik untuk mengetahui tentang beberapa universitas tertua di negara tersebut.

Universitas-universitas tertua di Amerika Serikat, yang telah berdiri sejak tahun 1636, memiliki sejarah panjang dalam menghasilkan pemimpin dan inovator global. Institusi pendidikan ini, yang banyak dicita-citakan, termasuk di antaranya yang bergabung dalam kelompok Ivy League yang prestisius.

Meskipun tidak ada yang termasuk dalam daftar universitas tertua di dunia atau bahkan sebagai universitas pertama di Amerika Serikat, tiga di antaranya didirikan pada abad ke-17.

Baca Juga:Sini Aku Kasih Tahu! Inilah 5 Universitas Jurusan Psikologi di Malaysia yang Bagus dan BerkualitasSudah Tahukah Kamu? Ini Dia 5 Jurusan Kuliah Favorit di Dunia

Ingin tahu lebih lanjut tentang universitas tertua di Amerika Serikat? Lanjutkan membaca artikel ini!

1. Harvard University

Harvard University, yang didirikan pada tahun 1636, adalah universitas tertua di Amerika Serikat dan menarik mahasiswa dari seluruh dunia berkat program unggulannya. Universitas ini telah menghasilkan banyak tokoh terkemuka, termasuk pemimpin politik, tokoh industri teknologi besar, dan bintang Hollywood seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Natalie Portman. Harvard dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi paling prestisius di dunia, dengan alumni yang sangat berpengaruh di berbagai bidang.

2. College of William & Mary

College of William & Mary, yang berdiri sejak 1693, juga merupakan salah satu universitas tertua di Amerika Serikat. Dikenal dengan fokusnya pada penelitian dan pembelajaran langsung, universitas ini menawarkan lebih dari 40 program sarjana dan 50 program pascasarjana. Dengan bangunan bersejarah seperti Sir Christopher Wren Building, College of William & Mary memiliki sejarah yang kaya dan unik.

3. St. John’s College

St. John’s College, berdiri sejak 1696, adalah perguruan tinggi seni liberal yang berlokasi di Annapolis, Maryland, dan Santa Fe, Meksiko. Perguruan tinggi ini terkenal dengan program Great Books, yang merupakan kurikulum 4 tahun yang berfokus pada literatur klasik, filsafat, matematika, dan sains yang dirancang untuk membangun pemikiran kritis dan pemahaman mendalam tentang pengalaman manusia.

4. Yale University

Yale University, salah satu universitas paling prestisius di dunia, didirikan pada tahun 1701 di Connecticut. Awalnya, Yale berfokus pada pendidikan teologi dan bahasa suci, namun kurikulumnya berkembang untuk mencakup humaniora dan sains sejak 1777, dan menjadi universitas pertama di AS yang memberikan gelar PhD pada tahun 1861. Alumni Yale termasuk Presiden Bill Clinton, George W. Bush, dan aktris Meryl Streep.

5. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania, atau UPenn, yang didirikan pada tahun 1740, adalah universitas riset Ivy League swasta yang memiliki lebih dari 26.000 mahasiswa yang belajar di 100 program sarjana dan 200 program pascasarjana. Sebagai salah satu universitas tertua di AS, UPenn menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dalam lingkungan yang beragam dan secara intelektual merangsang.

0 Komentar