Kebakaran Hebat di Cijaralang: Rumah Warga Ludes Saat Ditinggal Berkebun

dok.ist
foto kolase/ tangkapan layar/ instagram/@lampung.24jam
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Musibah kebakaran yang menghanguskan rumah warga terjadi di Kampung Cengkok, Desa Cijaralang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang. Santani (55), pemilik rumah, harus merelakan tempat tinggalnya yang telah lama ia diami bersama keluarganya menjadi abu pada Senin (29/4/2024).

Menurut laporan, api yang diduga berasal dari korsleting listrik itu, menyebabkan kerugian puluhan juta rupiah.

Pada saat kejadian, Sartani sedang tidak berada di rumah karena pergi berkebun. Warga setempat yang mengetahui kejadian tersebut langsung berbondong-bondong datang untuk membantu memadamkan api.

Baca Juga:Sekolah Luar Biasa Terima Hibah Alat Belajar dari Korea SelatanBea Cukai Soekarno-Hatta Bebaskan Bea Masuk Bantuan Alat Belajar SLB

Namun, karena hanya menggunakan alat seadanya seperti ember, api sulit untuk dikendalikan dan membutuhkan waktu yang lama untuk dipadamkan.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bojong, Suhardi, mengungkapkan bahwa dugaan sementara, kebakaran itu terjadi karena adanya kebocoran tabung gas.

“Pada saat kejadian, pemilik rumah ini lagi ke hutan buat nyari kayu bakar, cuma ada cucunya saja. Kalau dari kejadiannya, kemungkinan besar api yang membakar rumah itu berasal dari tabung gas yang bocor,” ujar Suhardi.

Suhardi juga menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pendataan dan melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan secara berjenjang.

Tujuannya adalah agar korban kebakaran bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat. “Iya kita data dan kita laporkan, kejadiannya kepada pimpinan. Untuk sementara, bantuan yang dibutuhkan korban itu makanan, tenda, dan lainnya. Mudah-mudahan, korban bisa segera mendapatkan bantuan,” harap Suhardi.

Peristiwa kebakaran ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang pentingnya kehati-hatian dalam menggunakan peralatan listrik dan gas di rumah. Selalu periksa dan pastikan bahwa semua instalasi dalam kondisi baik dan aman untuk mencegah terjadinya kebakaran.

0 Komentar