Kualitasnya Tidak Perlu Diragukan ! Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Malaysia 2024 Versi QS Rankings

universitas terbaik di malaysia
universitas terbaik di malaysia/www.facebook.com/upumofficial
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Perkembangan pesat di Malaysia telah membuatnya menjadi destinasi studi yang disukai banyak orang. Kemajuan di bidang pendidikan di negara ini tidak terjadi secara kebetulan, melainkan karena keberagaman budaya yang kaya, yang merupakan hasil dari interaksi antara berbagai kelompok etnis dan agama.

Sistem pendidikan tinggi di Malaysia diatur oleh Kementerian Pendidikan Tinggi negara tersebut. Banyak institusi pendidikan di Malaysia juga menawarkan beasiswa khusus untuk pelajar Indonesia.

Sebagai mahasiswa internasional di Malaysia, kamu memiliki opsi untuk mengikuti program sertifikat, diploma, sarjana, atau pascasarjana. Beberapa universitas di Malaysia juga tercatat dalam peringkat QS World University untuk tahun 2024.

Baca Juga:Peluang Karir Sangat Luas – Inilah Daftar Universitas Data Science Terbaik di DuniaSenang Meneliti? Kamu Harus Tahu Kampus Ini – Inilah Rekomendasi 5 Universitas Sains Terbaik di Dunia

1. University Malaya (UM)

University of Malaya adalah universitas terkemuka di Malaysia dengan peringkat tertinggi, berlokasi di Kuala Lumpur. Sebagai institusi pendidikan tinggi tertua di Malaysia, University of Malaya telah meluluskan lima perdana menteri serta berbagai tokoh terkemuka lainnya di bidang politik, bisnis, dan budaya.

Universitas ini memiliki tiga belas fakultas dengan beberapa yang sangat terkenal seperti Kedokteran, Teknik, Hukum, Seni dan Ilmu Sosial. University of Malaya juga memiliki proporsi mahasiswa internasional yang lebih tinggi dibandingkan universitas lain di Malaysia.

2. Universiti Sains Malaysia (USM)

Menempati peringkat kedua sebagai universitas terbaik di Malaysia, Universiti Sains Malaysia adalah institusi negeri yang menonjol dalam penelitian, inovasi, dan pendidikan, baik untuk mahasiswa lokal maupun internasional. USM memiliki 17 pusat penelitian, khususnya di bidang sains dan teknologi, dan memiliki kampus utama di Penang serta dua kampus cabang di Kelantan dan Nibong Tebal. Universiti Sains Malaysia juga terkenal sebagai pelopor program gelar ganda di Malaysia.

3. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Berada di peringkat ketiga, Universiti Putra Malaysia, yang didirikan pada tahun 1931, berlokasi di Serdang, Selangor. UPM dikenal dengan taman pertanian seluas 72 hektar yang digunakan untuk penelitian, pelatihan, dan pariwisata, serta merupakan satu-satunya rumah sakit hewan negeri di Malaysia yang terakreditasi. Alumni terkenal dari UPM termasuk Irwan Prayitno, mantan gubernur Sumatera Barat.

4. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Universiti Kebangsaan Malaysia, didirikan pada 18 Mei 1970, adalah satu-satunya universitas di Malaysia yang menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar utama. UKM memiliki tiga kampus cabang di Bangi, Cheras, dan Kuala Lumpur dan memiliki salah satu perpustakaan terbesar di Malaysia, Perpustakaan Tun Seri Lanang, dengan koleksi lebih dari 2 juta buku, jurnal, e-book, dan e-journal.

5. Universiti Teknologi Malaysia

Didirikan pada tahun 1975, Universiti Teknologi Malaysia pertama kali berfokus pada teknologi. Universitas ini memiliki kampus di Kuala Lumpur, Johor Bahru, dan Kuala Terengganu. Universiti Teknologi Malaysia terkenal dengan kampusnya yang ramah lingkungan dan inklusif bagi penyandang disabilitas. Fakultas Teknik Razak menawarkan program pascasarjana di bidang spesifik seperti tenaga nuklir, teknik biomedis, dan penerbangan.

0 Komentar