Dipilih Pilih Jenis Bensin Untuk Kendaran Anda,Yuk Simak Tabel Ya,

Foto
Foto/Tabel Kompresi Bensin(indonesiabaik.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv-Perlu di pahami, jika pemilihan bahan bakar pada kendaraan tidak bisa sembarangan di lakukan karena berdampak terhadap performa dan kondisi mesinnya.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan upaya supaya performa kendaraan tetap bagus. Salah satu upayanya adalah menyesuaikan kompresi bensin yang tepat pada kendaraan.

Kondisi tersebut bisa membantu menjaga kondisi mesin lebih lama, meminimalkan keausan komponen, serta meningkatkan performa kendaraan.

Sayangnya, tidak semua orang paham mengenai kompresi bensin pada kendaraan.

Baca Juga:Hitung Hitung Dari sekarang ?? Berapa Rasio Kompresi Bensin dan Nilai oktan Kendaran yang Kita Pakai.4 Faktor Penyebab Emisi Gas Rumah Kaca Yang Menimbulkan Pemanasan Global.

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan memberikan informasi lengkapnya di sini.

Pilihan Bahan Bakar Mesin KendaraanTerdapat beberapa pilihan bahan bakar kendaraan yang bisa digunakan. Hal ini ditujukan untuk mesin dengan kompresi yang berbeda-beda.

Meski begitu, setiap kendaraan wajib memilih bahan bakar yang tepat karena dapat berpengaruh terhadap kinerja dan performa mesin.

Berikut ini jenis pilihan bahan bakar yang bisa Anda gunakan untuk mesin kendaraan:

1. Pertalite

Jenis bahan bakar yang sering di gunakan adalah pertalite dan mempunyai nilai oktan 90. Bahan bakar ini identik dengan warna yang hijau dan cenderung gelap.

Kemudian, untuk perbandingan kompresi pada mesin kendaraan menggunakkan bahan bakar pertalite adalah berkisar antara 9:1 hingga 10:1.

2. Premium

Kedua, ada premium yang mempunyai nilai oktan lebih rendah di bandingkan sebelumnya, yakni hanya 88 saja. Jenis ini mempunyai nilai perbandingan kompresi bahan bakar sebesar 9:1.

3. Pertamax biru

Baca Juga:Untuk Sektor Pertanian Gas Metana Yang di Keluarkan di Wilayah Asia 51 Kilogram Per tahun.Pemarinta Mengumumkan Mengukur Efek Rumah Kaca dengan Standar ISO 14080.

Jenis bahan bakar yang tergolong lebih ideal untuk mesin kendaraan, terutama mobil adalah pertamax biru.

Bahan bakar ini mempunyai nilai oktan lebih tinggi dari pada jenis sebelumnya, yakni sebesar 92.

Rasio kompresi di dalam jenis bahan bakar ini adalah berkisar 10:1 hingga 11:1. Besaran nilai ini bisa Anda lihat dari spesifikasi kendaraan yang sudah ditentukan oleh pabrik.

4. Pertamax racing

Berikutnya, jenis bahan bakar yang lebih cocok di gunakan untuk kendaraan dengan kecepatan sangat tinggi, yaitu pertamax racing.

Sebab, bahan bakar ini biasanya di gunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh.

Kemudian, besaran oktan pada jenis bahan bakar ini adalah 100 dengan nilai perbandingan kompresi mesin sebesar 13:1 ke atas.

5. Pertamax turbo

Terakhir, ada jenis bahan bakar pertamax turbo yang berwarna merah. Jenis ini mempunyai nilai oktan sebesar 98 serta perbandingan kompresinya di angka 11:1 hingga 13:1.

Tabel Kompresi Bensin

Jenis KendaraanRasio KompresiBahan Bakar
Beat11,3:1Pertamax Plus
New CB150R9,5:1Pertalite
Scoopy F19,5:1Pertalite
Vario 125 F1 eSP11:1    Pertamax Turbo
Honda Forza10,2:1Pertamax
PCX 15010,6:1Pertamax
Revo X9,3:1    Pertalite
Sonic 15011,3:1Pertamax Turbo
Supra X9:1Pertalite
0 Komentar