Jarang Diketahui, Inilah Manfaat dari Bunga Melati

melati
Manfaat Bunga Melati (Foto: Ist)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bunga melati dikenal menjadi bunga yang memiliki aroma harum. Biasanya, bunga ini kerap digunakan untuk menjadi hiasan rambut dalam acara pernikahan atau bisa disebut dengan ronce (hiasan tubuh atau ruangan yang tersusun dari rangkaian bunga atau daun yang ditata berjajar dalam suatu benang atau kawat).

Namun tak jarang, bunga melati juga kerap dikaitkan dengan hal mistis. Walaupun begitu, bunga melati yang mempunyai warna putih ini, memancarkan warna suci yang mempunyai beragam manfaat. Misalnya saja dibuat menjadi minyak esensial atau wewangian.

Selain itu, melati pun juga bisa dibuat menjadi bentuk teh yang hingga kini bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Lantas, apa saja manfaat dari bunga melati di samping memiliki aroma yang harum semerbak? Berikut informasinya.

Baca Juga:Mengelilingi Keindahan Danau Toba Sambil Melakukan Wisata OlahragaTidak Hanya Jadi Hiasan, Namun Juga Bisa Diolah Jadi Santapan! Inilah Macam-macam Bunga yang Bisa Dimakan

Manfaat Bunga Melati

– Memberi Efek Menenangkan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, melati dikenal mempunyai aroma khas yang wangi. Dengan aromanya tersebut, disinyalir dapat membantu memberikan kesan rileks yang akan membuat perasaan menjadi nyaman. Konon, terdapat penelitian yang menunjukkan jika minyak melati dapat membangkitkan emosi-emosi positif.

– Membantu untuk Mengatasi Insomnia

Dengan efeknya yang mampu membuat rileks, bunga melati juga dapat membantu untuk mengatasi insomnia. Melati yang dikonsumsi sebagai teh atau digunakan dalam bentuk minyak esensial, mempunyai efek sedatif terhadap sistem saraf, sehingga dapat membantu menenangkan saraf yang tegang.

– Menetralkan Udara

Sebab memiliki aroma yang harum, tentu saja, bunga melati dimanfaatkan sebagai wewangian karena bisa membantu untuk menetralkan udara dan menghilangkan bau tak sedap. Wewangian tersebut bisa dapat bentuk parfum, minyak esensial dan lainnya.

– Sebagai Produk Kecantikan

Melati juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi produk kecantikan alami yakni untuk menyehatkan rambut. Hal ini bisa didapatkan dengan cara mengolah melati menjadi bentuk rebusan, kemudian airnya digunakan untuk membilas rambut.

Selain itu, melati juga bisa dimanfaatkan untuk melembapkan kulit. Bunga melati untuk kulit, dapat digunakan dalam bentuk minyak esensial dimana terdapat kandungan keton yang memiliki aroma menakjubkan, sama seperti bunganya.

 

 

0 Komentar