Tidak Hanya Jadi Hiasan, Namun Juga Bisa Diolah Jadi Santapan! Inilah Macam-macam Bunga yang Bisa Dimakan

bunga yang bisa dimakan
Ilustrasi Bunga yang Bisa Dimakan (PIXABAY/CAPRI23 AUTO)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi penyuka tanaman, bunga merupakan jenis tanaman yang biasanya akan ada di pekarangan rumah. Pasalnya, bagi beberapa jenis bunga, dinilai memiliki nilai estetika yang tinggi bahkan seringkali digunakan dalam berbagai kegiatan seperti dekorasi atau lainnya.

Selain indah, beberapa bunga juga mempunyai aroma dan rasa yang enak sehingga kerap dimanfaatkan untuk menjadi berbagai bentuk olahan, baik olahan makanan mapun minuman. Biasanya bunga jenis ini disebut sebagai edible flower.

Edible flower dinilai menjadi jenis bunga yang memiliki berbagai fungsi dalam dunia kuliner dan penggunaan praktis lainnya. Biasanya mempunyai tampilan yang indah dan kerap digunakan untuk hiasan pada piring makanan yang dapat mempercantik hidangan dengan warna dan bentuknya yang cantik.

Baca Juga:Ketahui Tentang Covid-19 Varian FLiRT, Mulai dari Gejala Hingga PencegahanMenyelami Kehidupan Bawah Laut dari Taman Nasional Bunaken

Macam-macam Bunga yang Bisa Dimakan

Berikut ini, ada berbagai macam bunga yang bisa dimakan, baik itu untuk menjadi olahan minuman, dibuat menjadi masakan, hingga untuk hiasan.

1. Chamomile

Chamomile merupakan jenis bunga yang bisa dipakai dalam masakan dan pengobatan tradisional selama berabad-abad. Bahkan bagian bunganya, konon dapat diolah menjadi minuman. Chamomile diduga berguna untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Mawar

Bunga mawar terdiri dari lebih dari 150 spesies mawar yang tersedia dalam hampir semua ukuran dan warna. Bagian kelopaknya, mempunyai rasa yang sangat beraroma dan sedikit manis. Mawar mempunyai beragam khasiat yang diantaranya yaitu mengurangi stres, meredakan gejala wasir, dan lainnya.

3. Melati

Melati dikenal mempunyai aroma yang wangi dengan kenampakannya berwarna putih yang cantik. Bunga ini kerap ditemui dalam acara pernikahan karena biasanya digunakan untuk sebagai hiasan rambut. Namun dibalik kegunaannya tersebut, melati juga bisa diolah menjadi minuman teh dengan fungsi yang menenangkan dan mengurangi stres.

4. Bunga Pepaya

Bunga pepaya merupakan bagian dari tanaman pepaya yang mempunyai rasa pahit. Biasanya, bagian bunganya ini, akan diolah menjadi bentuk masakan seperti tumisan. Dalam mengolahnya, bunga pepaya bisa dicampur dengan berbagai bahan misalnya saja ikan teri medan.

5. Jantung Pisang

Jantung pisang rupanya merupakan bunga yang menempel pada tanaman pisang. Bagian bunga pisang ini, sama seperti bunga pepaya yang kerap dijadikan olahan masakan. Bisa dijadikan tumisan, gulai, maupun campuran masakan lainnya.

 

 

 

 

0 Komentar