Noda Membandel di Baju Bikin Pusing Tujuh Keliling! Ikuti Langkah Berikut untuk Membersihkannya

noda baju
Menghilangkan Noda di Baju (Freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat melakukan beragam aktivitas, tanpa disadari, baju yang sedang dipakai mungkin akan terkena noda. Entah itu noda cipratan minyak saat memasak, ataupun aktivitas lainnya yang mungkin tidak disadari jika ada noda yang mengotori baju.

Noda yang menempel di baju, dapat menjadi masalah yang besar, apalagi jika sulit untuk dibersihkan. Pasalnya, tak jarang noda yang menempel di baju, akan meninggalkan bekas walaupun sudah dilakukan pembersihan pada bagian yang terkena noda.

Maka bisa dibilang, menghilangkan noda di baju menjadi tantangan tersendiri. Saat membersihkan noda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar noda yang menempel pada baju bisa dibersihkan dan kembali seperti semula. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan seperti yang dirangkum dari laman Polytron.

Baca Juga:Simak, Apa Saja Manfaat Tersembunyi dari Minyak IkanTidak Hanya Mempunyai Warna Biru yang Cantik, Bunga Telang Menyimpan Beragam Khasiat untuk Kesehatan

Langkah untuk Membersihkan Noda di Baju

Jika sudah menyadari ada noda yang menempel pada baju, sebaiknya segera bersihkan noda tersebut. Apabila dibiarkan begitu saja, maka akan lebih susah untuk dihilangkan. Maka langkah awal untuk membersihkannya yakni dengan mencucinya menggunakan air dingin.

Kemudian, jika ada sabun cuci, maka bisa segera menggunakannya agar lebih cepat bersih. Oles sedikit sabun cuci, bisa sabun cair ataupun lainnya langsung pada noda dan gosok perlahan dengan jari atau bisa menggunakan sikat. Diamkan beberapa saat lalu dicuci dengan air dingin.

Namun untuk noda yang lebih “bandel”, maka bisa gunakan deterjen dan air hangat. Caranya, rendam baju ke dalam campuran air hangat dan deterjen, lalu dicuci. Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan beberapa jenis noda seperti noda darah maupun tinta.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan bahan alami untuk membersihkan noda pada baju. Misalnya menggunakan baking soda dan cuka putih. Penggunaan baking soda bisa dimanfaatkan untuk baju dengan noda minyak dengan cara ditaburkan pada bagian yang terkena noda dan diamkan sebelum dicuci.

Lalu pada noda yang lebih berat, bisa menggunakan cuka putih. Caranya yaitu campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1 dan rendam pakaian selama 30 menit sebelum dicuci. Bisa juga menggunakan lemon dan garam yakni dengan cara peras lemon pada noda, taburi garam, dan gosok perlahan. Biarkan selama 15-30 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. 

 

0 Komentar