Tidak Hanya Mempunyai Warna Biru yang Cantik, Bunga Telang Menyimpan Beragam Khasiat untuk Kesehatan

telang
Khasiat Bunga Telang (Sumber Gambar: Central Sun)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bunga telang atau dikenal juga dengan bunga biru merupakan bunga yang berasal dari tanaman Clitoria ternatea. Biasanya, tanaman ini kerap ditemukan di beberapa daerah tropis seperti Asia Tenggara, India, dan Australia.

Bunga telang termasuk ke dalam jenis edible flower atau jenis bunga yang aman untuk dimakan. Memiliki keunggulan karena mampu menghasilkan warna biru yang intens sehingga digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk sebagai pewarna alami ataupun untuk beberapa hidangan lainnya.

Tak hanya menghasilkan rona warna biru yang cantik, namun bunga telang mempunyai banyak khasiat sehingga tak heran jika bunga telang kerap dikonsumsi dengan cara diseduh. Untuk mengetahui beragam khasiatnya, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:Jarang Diketahui, Inilah Manfaat dari Bunga MelatiMengelilingi Keindahan Danau Toba Sambil Melakukan Wisata Olahraga

Khasiat Bunga Telang

Bunga telang yang nampak berwarna biru, juga akan menghasilkan rona warna biru keunguan ketika diseduh. Warna biru yang terlihat, berasal dari antosianin yang juga merupakan senyawa antioksidan. Dengan demikian, seduhan bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang diketahui baik untuk kesehatan.

Selain itu, bunga telang juga berpengaruh pada beberapa anggota bagian tubuh. Misalnya saja mata. Konon, bunga telang dinilai mampu menyegarkan mata lantaran tingginya kandungan mineral dan flavonoid dalam bunga telang.

Khasiat lainnya dari bunga telang juga berdampak pada kulit yakni mampu melembabkan kulit. Ada studi pada 2021 yang menyebutkan jika ekstrak bunga telang mampu meningkatkan kelembaban kulit hingga 70 persen dalam satu jam setelah diaplikasikan ke kulit.

Selain itu, bunga telang juga dinilai mampu untuk menurunkan berat badan. Hal ini ada kaitannya dengan sel lemak dimana kandungan dari bunga telang, mampu memperlambat pemebentukan sel lemak. Namn untuk khasiatnya ini, perlu dilakukan penelitian lebih dalam mengenai efektivitasnya.

Dibalik khasiatnya tersebut, bunga telang termasuk masih aman untuk dikonsumsi jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Walaupun begitu, terdapat beberapa orang yang melaporkan jika ada masalah yang timbul yakni mual, sakit perut, dan diare, seperti yang dilansir dari Healthline.

 

0 Komentar