Simak, Apa Saja Manfaat Tersembunyi dari Minyak Ikan

minyak ikan
Manfaat Minyak Ikan (Pixabay/ ofimagazine)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mengonsumsi suplemen disinyalir mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Ada beragam suplemen yang tersedia di pasaran dan bisa dikonsumsi dengan bebas, misalnya saja minyak ikan.

Minyak ikan merupakan salah satu suplemen makanan yang paling umum dikonsumsi. Didalamnya, terdapat manfaat yang baik bagi tubuh karena menjadi sumber omega-3 yang sangat baik. 

Dengan kandungan omega-3 didalamnya, minyak ikan terbuat dari ekstrak ikan berminyak seperti herring, tuna, ikan teri, dan makarel. Namun, selain mengandung omega-3, minyak ikan juga mengandung vitamin E.

Baca Juga:Tidak Hanya Mempunyai Warna Biru yang Cantik, Bunga Telang Menyimpan Beragam Khasiat untuk KesehatanJarang Diketahui, Inilah Manfaat dari Bunga Melati

Manfaat Minyak Ikan

Ada beragam manfaat jika seseorang mengonsumsi minyak ikan secara rutin. Berikut manfaat yang akan didapatkan.

1. Mengurangi Peradangan

Minyak ikan konon memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa jadi akan memberi efek untuk mengobati kondisi peradangan kronis. Misalnya, peningkatan berat badan atau stres terkadang dapat menyebabkan tingkat peradangan yang lebih tinggi.

Suplemen minyak ikan juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi, kekakuan, dan kebutuhan pengobatan pada penderita rheumatoid arthritis, yang menyebabkan nyeri pada persendian.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Terdapat riset yang menujukkan jika seseorang yang mengonsumsi minyak ikan, akan menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalna, minyak ikan dapat membantu untuk menurunkan kolesterol, mengontrol trigliserida lebih rendah, mengurangi tekanan darah, dan mencegah pembentukan plak yang mengeraskan arteri.

3. Mengurangi Lemak Hati

Selain berguna untuk organ jantung, minyak ikan juga berguna untuk organ lainnya yakni hati. Hati merupakan organ dalam tubuh yang memproses sebagian besar lemak dalam tubuh. Dengan tambahan minyak ikan, maka dapat meningkatkan fungsi hati.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Minyak ikan juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini berkaitan dengan omega-3 dimana omega-3 dapat meningkatkan kadar kalsium dalam tulang untuk menurunkan risiko osteoporosis sehingga minyak ikan dinilai memegang peranan penting untuk kesehatan tulang, terutama bagi yang berusia lanjut.

5. Bagus untuk Kehamilan

Omega-3 penting untuk pertumbuhan awal, terutama selama trimester pertama kehamilan dan seterusnya. Konon, mengonsumsi suplemen minyak ikan selama hamil dan menyusui, bisa berpengaruh pada perkembangan penglihatan bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

0 Komentar