Suhu Terlalu Tinggi: Inilah 5 Faktor yang Menyebabkan HP Mengisi Baterai Lambat dan Cara Mengatasinya

Foto
Foto/charging hp lambat (texno.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Smartphone modern biasanya memiliki fitur pengisian cepat atau pengisian cepat, yang memungkinkan pengisian daya tanpa perlu menunggu lama. Sayangnya, beberapa pengguna sering menganggap pengisian daya (pengisian daya) lebih lambat. Bahkan pada beberapa kasus, mungkin membutuhkan waktu sepanjang hari untuk baterai terisi penuh.

Mengapa hal ini terjadi? Penyebabnya beragam, termasuk faktor perangkat dan suhu ruangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab HP charging lambat dan solusinya. Kami akan mencari tahu.

1. Adaptor charger tidak sesuai atau tidak orisinal

Charger yang tidak kompatibel atau tidak orisinal dapat menyebabkan masalah saat mengisi daya. Bahkan, tidak disarankan untuk menggunakan charger yang tidak kompatibel. Selain itu, watt charger berpengaruh. Misalnya, jika pengisian HP kamu mendukung pengisian cepat 67W, tetapi pengisiannya hanya 10W, maka pengisian akan berlangsung lebih lama. Selain itu, kabel pengisian yang rusak atau rusak dapat menyebabkan masalah pengisian daya. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti pengisian dengan yang asli atau kompatibel.

Baca Juga:Layar Lebih Besar Membuat Bermain PUBG Lebih Mudah: Inilah 5 Pilihan Tablet Menengah untuk Main PUBG MobileMembuat Perbedaan Besar: Mari Cari Tahu Apa yang membedakan Meizu 21, Meizu 21 Pro dan Meizu 21 Note?

2. Kerusakan atau masalah baterai

Biasanya, baterai HP dapat bertahan hingga ratusan kali pengisian. Seiring bertambahnya usia perangkat, kinerja baterai akan menurun. Terlalu tua baterai mungkin mengalami masalah atau bahkan rusak. Jika itu terjadi, baterai akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terisi penuh. Meskipun perangkat jarang digunakan, daya baterai HP cepat habis. Mengganti baterai dengan yang baru di teknisi profesional atau di pusat layanan resmi adalah cara untuk menyelesaikannya.

3. Penggunaan aplikasi berlebihan

Aplikasi berat seperti game atau streaming dapat menguras baterai dan memperlambat pengisian daya. Ketika pengguna HP mengisi daya perangkatnya, mereka kadang-kadang menggunakannya; ini sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan masalah pada baterai. Kurangi penggunaan HP saat mengisi daya, terutama saat bermain game. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan suhu perangkat meningkat.

4. Suhu atau cuaca ekstrem

Faktor-faktor eksternal seperti suhu ruangan atau cuaca yang panas juga dapat memengaruhi kecepatan pengisian daya HP; hal ini dapat menyebabkan suhu perangkat menjadi panas, menyebabkan pengisian daya menjadi lambat. Pengisian baterai pada suhu sangat dingin juga dapat memperlambatnya. Hindari mengisi daya baterai di tempat yang terlalu panas atau di bawah sinar matahari langsung. Saat perangkat diisi daya, disarankan untuk menggunakan kipas pendingin.

5. Masalah dengan software atau bug perangkat

Perangkat yang mengalami masalah atau bug dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kinerja yang buruk hingga masalah baterai seperti pengisian daya yang berlebihan. Memperbarui software jika tersedia adalah solusinya. Namun, jaminan perangkat lunak dua tahun hanya tersedia untuk beberapa HP murah saat ini.

Jika penyebab HP charging menjadi lambat dan kamu telah mencoba berbagai metode untuk menyelesaikannya, kamu harus membawa HP ke tempat service resmi untuk perbaikan. Ini sangat disarankan jika perangkat kamu masih dalam masa garansi.

Untuk mempercepat pengisian baterai HP, matikan perangkat saat diisi daya, gunakan adaptor dan kabel charger berkualitas tinggi, menghindari aplikasi berat saat mengisi daya, dan isi baterai di tempat yang sejuk. Semoga membantu.

0 Komentar