9 Objek Wisata Alam Brebes yang Dekat dengan Cirebon

pasir gibug
Pasir Gibug salah satu objek wisata Brebes yang bisa menjadi pilihan mengisi liburun
0 Komentar

Pasir Gibug salah satu objek wisata Brebes yang bisa menjadi pilihan mengisi liburun
9 Objek Wisata Alam Brebes yang Dekat dengan Cirebon

9 Objek Wisata Alam Brebes yang Dekat dengan Cirebon

RADARCIREBON.TV – Akhir pekan menjadi waktu yang cocok untuk berlibur bersama keluarga setalah satu minggu penuh beraktivitas. Bagi yang tinggal di Cirebon dan sekitarnya, tak ada salahnya mencoba sejumlah objek wisata Brebes.

Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon. Dengan geografi wilayah yang berada di pesisir pantai utara dan pegunungan pada wilayah barat, tak salah bila Brebes memiliki banyak objek wisata yang menarik.

Baca Juga:Berikut Ini Daftar Wisata Air Terjun Majalengka Dekat Indramayu yang WAJIB Kalian DatangiBacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Lafadz dan Terjemahan.

Berikut ini Sembilan objek wisata alam Brebes yang bisa jadi pilihan untuk mengisi libur akhir pekan.

  1. Agrowisata Kaligua

Argowisata Kaligua berada pada kasawan pegunungan lereng gunung slamet, Brebes berupa kasawan hamparan kebun teh yang cukup luas. Hamparan kebun teh tersebut tersebut berada pada 2.050 MDPL. Dengan berada pada dataran tinggi, maka kawasan objek wisata kebun the memiliki udara yang sejuk.

PTPN IX menjadi pengelola objek wisata Argowisata Kaligua dengan luas 600 hektar. Argowisata Kaligua memiliki fasilitas tea walk, arena bermain flaying fox dan sejumlah wahana wisata lainnya.

Selain itu, pengunjunga bisa mempelajari cara budidaya teh Kaligua, pemandu akan mengajak pengunjung untuk melihat tahapan-tahapannya serta mengajarkanmu bagaimana cara memetik daun teh yang benar.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat berkemah atau mendirikan tenda pada sekitar perkebunan tehnya. Menikmati malam dengan dengan bertemankan nyanyian alam.

Lokasi: Jl. Kaligua, Sawah, Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

  1. Kalibaya Park

Objek wisata Kalibaya Part masuk dalam wilayah Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang menjadi salah satu destinasi alam dengan suguhan pesona alam yang menantang dan menakjubkan.

Pada kemunculannya, keberadaan Kalibaya Park ternyata mampu menarik minat pengunjung untuk berwisata sambil hunting foto-foto keren yang Instagramable.

Baca Juga:SIMAK, Bacaan Doa Setelah Wudhu, Lafadz dan Terjemahan.Ketua Kwarda Pramuka Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil Kukuhkan Marwan dan Ade Suryaman

Kalibaya Park menyajikan keindahan alam yang  sangat indah, salah satu keindahan alamnya ialah hadirnya panorama Waduk Malahayu yang dapat disaksikan ketika kamu berada di Puncak Lio.

  • Lokasi: Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes

3.      Panenjoan Salem

Panenjoan Salem merupakan kawasan perbukitan lain yang ada di Brebes, Jawa Tengah. Ketika berada pada kawasan ini, pengunnung dapat menyaksikan panorama alam yang sangat indah.

Pemandangan alam yang tersaji berupa perbukitan yang masih hijau, hutan pinus yang menyejukkan serta pemandangan rumah-rumah penduduk.

Selain itu, Panenjoan Salem telah tersedia beberapa spot foto yang akan membuat hasil jepretan kamu menjadi lebih berwarna.

Lokasi ini sering dijadikan spot untuk menyaksikan keindahan sunrise yang sangat mengagumkan. Menyaksikan pergantian hari dengan ditemani pemandangan alam yang sungguh luar biasa.

Lokasi: Dukuh Babakan, Desa Wanoja, Kec. Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

4. Ranto Canyon

Selain Panenjoan Salem, kawasan wilayah salem masih memili Objek wisata lainnya yakni Ranto Canyon yang harus kamu datangi. Berkunjung ke Ranto Canyon pengunjung dapat melakukan kegiatan menarik seperti body rafting, cliff jumping atau bermain air dan berenang.

Dengan panjang sunga 770 meter, pengunjung bisa  menyusuri sungai dengan pemandangan keindahan tebing-tebing yang mengapit di kedua sisi sungai, dengan hiasi bebatuan yang beragam ukuran.

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

4.      Curug Rambukasang

Satu lagi objek wisata alam brebes yakni Curug Rambukasang yang merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter, namun aliran airnya sangat jernih dan bersih.

Airnya mengalir pada tebing batu, terlihat sangat indah sekali. Dibawahnya terdapat sebuah kolam alami yang tidak terlalu besar, namun bisa untuk seru-seruan bermain air.

Curug Rambukasang berada pada kaki Gunung Kumbang, sehingga udara yang kamu rasakan sangat sejuk, bebas dari polusi udara, airnya pun sangat menyegarkan.

Untuk kamu yang hendak berenang di kolamnya, harap berhati-hati karena kedalamannya mencapai 4 meter. Lokasi wisata yang satu ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Untuk bisa mengunjungo Curug Rumbakasang, pengunjung harus rela melakukan trekking yang cukup melelahkan. Namun setelah sampai, maka rasa lelah langsung lunas dengan keindahan Curug Rumbakasang.

Lokasi: Dukuh Grogol Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan selatan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

5.       Curug Putri

Masih soal Curug, Selain curug rumbakasang, Brebes juga masih memiliki objek wisata alam berupa curug, salah satunya Curug Putri. Curug Putru ini dikenal juga dengan nama Curug Putri Sirampog, yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Dengan lokasinya yang terpencil, membuat curug putri masih terjaga dengan baik.

Disekeliling aliran airnya terdapat bebatuan alam yang sangat cantik tersusun dengan rapih, bebatuan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung selain air terjunnya.

Curug Putri ini berada dibalik pesawahan dan perbukitan, jadi dari tempat parkir kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 400 hingga 500 meter.

6.      Pasir Gibug

Pasir Gibug lebih populer dengan nama Pasir Gibug Penanggapan, atau Pasir Gibug Banjarharjo. Dan menjadi objek wisata alam Brebes yang menyajikan konsep wisata alam yang kekinian.

Pasir Gibug merupakan taman cantik yang sangat luas dan berada di area perbukitan. Hal tersebut menjadikannya objek wisata yang banyak memiliki view yang bisa memanjakan mata, dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Waduk Malahayu sudah ada sejak tahun 1938, memiliki ciri khas bangunan peninggalan Belanda yang kokoh. Penataannya kali ini sangat menarik, pihak pengelola telah membuatkan jalur untuk berjalan kaki yang nyaman. Sehingga pengunjung dapat eksplor setiap sisi Waduk Malahayu, tanpa ada yang terlewat.

Waduk Malahayu sangat luas, beberapa bukit ikut menghiasi keindahan yang tersaji. Adem banget liatnya, apalagi jika datang pada sore hari. Terlihat warna langit yang mulai berubah menambah keeksotisan alam.

  • Lokasi: DesaMalahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes

8.      Pantai Randusanga

Objek wisata Pantai Randusanga bisa menjadi pilihan tujuan wisata yang recommended untuk kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, apalagi lokasinya yang cukup dekat dari pusat kota Brebes.

Ombaknya yang tenang membuat kamu dan orang-orang tersayang bisa bermain air atau berenang menikmati setiap inci kesegarannya. Menikmati suara deburan ombak Pantai Randusanga juga tak kalah menarik.

Spot terbaik untuk menangkap keindahan Sunset dan Sunrise memang pantai juaranya. Bukan tanpa alasan melihat detik-detik matahari terbit dan tenggelam ini memang kental dengan nuansa romantis. Selain itu, Pantai Randusanga juga sering dijadikan lokasi memancing.

  • Lokasi: Desa Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes

9.      Hutan Mangrove

Hutan mangrove ini, terletak di pantai utara tepatnya pada Pulau Pasir Pandansari Brebes. merupakan tempat yang aman dan nyaman bagi kelestarian 2 juta pohon mangrove.

Kawasan Hutan Mangrove ini bukan hanya bermafaat sebagai penahan abrasi saja, namun telah menjelma menjadi sebuah objek wisata alam Brebes yang sangat terkenal.

Pengunjung dapat mengelilingi kawasan hutan mangrove pada jalur yang sudah tersedia. nantinya pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang selalu wara wiri di media sosial.

Ajaklah keluargamu berkunjung ke Taman Mangrove Pandansari, untuk menikmati ketenangan yang tercipta, dan mempelajari tentang kepiting soka dan hewan lainnya.

Lokasi: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah,

Itulah Sembilan objek wisata alam brebes yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Selain Sembilan lokasi objek wisata alam yang kami sajikan, brebes masih banyak memiliki objek wisata yang biasa dikunjungi. (*)

0 Komentar